oleh

Kepsek Menjabat 2 Jam, Kaban BKD Sulut Mengaku Salah Ketik

-Edukasi-12.088 views

Manado, Barta1.com – Pelantikan 65 kepala SMA dan SMK se-Sulawesi Utara yang dilakukan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw pekan lalu rupanya menyisahkan persoalan. Pasalnya, ada kepsek yang hanya dilantik dua jam, tiba-tiba dipindahkan lagi.

Adalah Kepala SMK Negeri 1 Bitung dan SMK Negeri 5 Bitung. Rompas Maxi Frans Absalon, pada pelantikan malam itu di Ruangan Mapalus Kantor Gubernur akan bergeser sebagai Kepala SMK 1 Bitung. Diapun telah berdiri dengan 198 pejabat lainnya yang dilantik untuk diambil sumpah dan janji.

Ironisnya, dua jam usai pelantikan dirinya dipanggil pihak BKD Sulut untuk dipindahkan ke tempatnya semula sebagai Kepala SMK Negeri 5 Bitung. Padahal dirinya dilantik berdasarkan SK Gubernur nomor 821.1/BKD/SK/3/2020 tertanggal 7 Januari 2020 menjabat Kepala SMKN 1 Bitung menggantikan kepsek yang lama, Treesia L Tengker yang saat ini telah menjadi pengawas.

Begitu juga ketika serah terima jabatan (sertijab) para Kepala SMA/SMK di Kantor Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Jumat (10/1/2020) pagi, dimana nama Rompas Maxi Frans Absalon seharusnya menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Bitung sesuai SK Gubernur yang dibacakan lalu, ternyata namanya benar-benar sudah tidak dibacakan lagi.

Kaban BKD Sulut, Femmy Suluh dikonfirmasi usai sertijab dengan enteng mengaku tidak ada namanya Rompas Maxi Frans Absalon sebagai Kepala SMKN 1 Bitung karena ada kesalahan pengetikan. “Maklum pegawai BKD lembur sampai tengah malam. Sehingga salah ketik,” katanya.

Ia juga membenarkan usai para pejabat dilantik Wagub Sulut malam itu, Kepala SMKN 1 Bitung dan Kepala SMKN 5 Bitung dipanggil ke ruangan BKD Sulut. “Dalam SK kan ada penulisan yang paling bawah apabila terjadi kekeliruan dikemudian hari bisa ditinjau kembali,” tutur Suluh yang akhir Januari akan ikut Lemhanas.

Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes saat dikonfirmasi menyebutkan, dirinya menyerahkan persoalan tersebut ke BKD Sulut. “Kewenangan ada di BKD Sulut, kami hanya mengusulkan nama. Silahkan cek ke BKD ya,” kata Punuh.

Diketahui, Rompas Maxi Frans Absalon mencatatkan sejarah sebagai kepsek tercepat menjabat di Sulut yakni hanya dua jam saja sebelum diganti pejabat lain. Dirinya kini telah digantikan Meiske Makadada yang sebelumnya sebagai Wakil Kepala SMKN 1 Bitung.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed