oleh

Nasdem Koleksi Daftar Pesaing Terberat PDIP

-Berita, Polmas-3.457 views

Manado, Barta1.com — Pendaftaran bakal calon gubernur-wakil gubernur yang dihelat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulawesi Utara, terbilang efektif. Pola penjaringan terbuka memberi kesempatan banyak figur potensial bergabung dengan parpol berwarna biru navy itu. Dan siapa tahu, figur-figur ini adalah pesaing terberat PDIP dan Olly Dondokambey mempertahankan kursi gubernur.

Di awal Desember, DPW Nasdem Sulut telah menerima pendaftaran sejumlah nama yang dinilai sangat layak maju dalam pertarungan Pilgub Sulut 2020. Elly Engelbert Lasut, misalnya, menyerahkan formulir pendaftarannya pada Senin (09/12/2019) pagi. E2L, begitu namanya disingkat, adalah Bupati Talaud terpilih yang tak kunjung dilantik.

Sebelumnya juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Eugenia Christiany Paruntu telah mendaftarkan dirinya, membuka peluang kolaborasi Nasdem-Golkar di Pilgub tahun depan. Politisi senior Beringin Stefanus Vreeke Runtu, turut ambil ancang-ancang mendaftar. Vreeke pernah jadi calon Gubernur 5 tahun silam berpasangan dengan Marlina Moha-Siahaan, tapi keduanya gagal duduk.

Terakhir, sosok besar bernama Vonny Anneke Panambunan alias VAP muncul sekretariat di Nasdem Sulut, Kairagi Weru, Senin sore. Bupati Minahasa Utara 2 periode itu juga berniat maju jadi Cagub Nasdem. Vonny sebelumnya memimpin Gerindra Sulut, namun akhirnya memutuskan jadi kader Nasdem. Politisi perempuan ini unjuk keberanian dengan menyatakan tidak takut pada kekuatan besar yang dihadapinya.

“Kalau Tuhan berkenan untuk saya jadi calon Gubernur, saya tidak akan takut melawan siapapun. Saya hanya takut Tuhan,” ujar VAP disambut sorakan pendukungnya.

Elly Lasut, Tetty Paruntu, Vreeke dan VAP mengusung nama besarnya masing-masing. Para tokoh ini bukan Cuma memiliki kekuatan finansial, yang terpenting kata beberapa pihak, mereka juga memiliki basis pendukung jelas.

“Dan mereka ini bisa saja menjungkalkan PDIP karena punya massa besar di belakang mereka,” kata Rolando Hanny Sepang, kader Partai Golkar dari Langowan, Minahasa.

Sekretaris Partai Nasdem Sulut Victor Mailangkay mengatakan setidaknya 30 figur potensial terkonfimasi akan mendaftar di Nasdem. Partai itu tetap akan menerima siapa saja untuk menyalurkan hak politik, tapi mekanisme penentuan pasangan tetap dilakukan. Keputusan terakhir, menurut Victor, akan diambil pengurus pusat.

Sejauh ini masih ada beberapa nama kuat yang masuk daftar tunggu pendaftaran. Salah satunya GS Vicky Lumentut, Walikota Manado 2 periode yang juga Ketua Nasdem Manado. Sedangkan Bupati Bolmong Timur 2 periode Sehan Landjar sudah duluan mendaftar sebagai calon Wakil Gubernur. Sehan dikenal juga adalah Ketua PAN Sulut.

Sedangkan untuk Pemilihan Walikota Manado, Nasdem tengah menunggu kehadiran Sang Panglima, Jimmy Rimba Rogi, yang dikabarkan akan datang pada Selasa 10 Desember 2019. (*)

Peliput: Meikel Pontolondo, Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed