oleh

Pemkot Manado Tunda Buka Mal, Laluyan: Ingat Ribuan Karyawan

Manado, Barta1.com – Setelah dinyatakan kategori zona merah oleh Gugus Tugas Covid-19 Pusat, Pemerintah Kota Manado menunda pembukaan area perbelanjaan besar seperti mal.

Padahal sebelumnya, direncanakan beroperasi, Rabu (1/7/2020) hari ini. “Dengan adanya informasi tadi malam saya akan evaluasi dulu. Apakah akan memberi ijin atau tidak. Dengan status masih naik dan informasi zona merah tersebut mengharuskan masyarakat tinggal di rumah dan belum boleh berkumpul. Ini menjadi salah satu alasan kami belum ijinkan,” kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut di God Bless Park Manado, Selasa (30/6) malam.

Terkait kebijakan Pemprov Sulut yang telah membuka mal, Lumentut menyampaikan kebijakan yang disampaikan Gubernur Sulut ditetapkan sebelum Kota Manado masuk kategori zona merah.

“Sebelumnya, Pemkot Manado juga telah sepakat bersama Pemprov Sulut untuk melakukan ujicoba pembukaan mal.
Dengan kondisi zona merah Pak Gubernur juga tahu situasi apa yang harus dilakukan di Manado, zona ini yang membuat kita berpikir lagi untuk melakukannya,” ujarnya.

Anggota DPRD Manado dari PDIP, Jeane Laluyan menanggapi. Dirinya menghargai keputusan Wali Kota Manado sebagai langkah baik untuk kebaikan.

“Tapi jika dibanding dengan pasar tradisional, saya rasa mal lebih steril dengan protap Covid-19 yang lebih terkontrol. Langkah bijak harusnya menjadi keterwakilan semua unsur masyarakat,” ujarnya.

Pelaku ekonomi bukan hanya mereka yang berjualan di pasar, yang butuh makan dan hidup bukan juga hanya mereka yang berjualan di pasar saja. “Tapi ribuan karyawan juga butuh hidup. Mereka punya keluarga yang butuh makan. Diam di rumah apa ada jaminan dari pemerintah untuk bisa mensuplai kebutuhan dapur rumah tangga? Diam di rumah dan tidak makan pasti mati juga,” katanya.

“Seharusnya, fungsi kontrol dan pengawasan yang diperketat agar semua bisa hidup. Toh tidak ada dari kita satupun yang mau kena Covid-19. Semua mau sehat. Langkah bijak yang harus dilakukan edukasi dan sosialisasi terkait bahaya dan cara menangkal Covid-19,” ujar politisi perempuan yang duduk di Komisi 1 DPRD Manado ini.

Peliput : Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed