oleh

Kampung Pokol Tamako Sah Miliki Aset Lahan PAUD

Sangihe, Barta1.com – Dengan adanya peraturan pemerintah terkait dengan pengelolaan dana desa, ada berbagai tugas pokok pemerintah daerah yang kewenangannya diserahkan kepada pemerintah desa terkait dengan adanya dana desa. Salah satunya tentu adalah penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu PAUD.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana, ketika menandatangani dan menyerahkan dokumen hibah tanah lahan PAUD di Kampung Pokol menyebutkan hal itu untuk mempersiapkan generasi muda dari usia dini untuk menyambut masa depan mereka lebih baik.

Sehingga tentu dibutuhkan sarana-prasarana yang dibangun di setiap desa, yang terbiayai dan terfasilitasi oleh dana desa. Hal demikian dirasa sangat perlu sebab menurutnya kebanyakan di desa kekurangan sarana-prasarana termasuk di dalamnya adalah tanah untuk membangun gedung PAUD itu sendiri.

“Pak Kapitalaung merasa perlu itu dan mengajukan kiranya dapat diberikan hibah. Ini kenapa hibah, karena untuk pengalihan aset ini sekaligus supaya dapat memanfaatkan dana desa, karena penggunaan dana desa tidak boleh dibangun bukan di miliknya sendiri,” kata bupati di hadapan masyarakat Kampung Pokol Kecamatan Tamako, Kamis (25/6/2020).

Gaghana berharap agar proses belajar mengajar di PAUD Kampung Pokol kiranya dapat terselenggara dengan aman dan nyaman. Dirinya juga menerangkan agar orang-orang tak salah kaprah soal hibah yang tak melibatkan DPRD itu, sebab anggarannya tidak terlalu besar sesuai dengan aturannya.

“Hibah ini karena nilainya kecil, jadi tidak ada persetujuan DPR. Jangan sampai ada yang salah komen kenapa penyerahan aset tidak ada persetujuan DPR karena nilainya kecil, kalau ada persetujuan DPR di atas 5 miliyar. Ini nilainya hanya berapa puluh juta jadi clear supaya tidak ada salah cerita,” ucap Bupati.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed