oleh

Pilwako Manado, Nama Victor Mailangkay Berhembus di Gerindra dan Golkar

Manado, Barta1.com – Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado 2020 mulai memanas. Sejumlah partai kabarnya akan patenkan jagoan mereka di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Diantaranya istri Wali Kota Manado 2 periode Vicky Lumentut, yakni Juliyeta Paulina Amelia Runtuwene berpasangan dengan mantan Wakil Wali Kota Manado periode 2010-2015, Harley Alfredo Benfica Mangindaan.

Lalu incumbent Wakil Wali Kota Manado saat ini, Mor Dominus Bastiaan diduetkan dengan Hanny Joost Pajouw (HJP).

Sedangkan Golkar itu sendiri, diisukan mencalonkan mantan Wali Kota Manado Periode 2005-2008 Jimmy Imba Rogi dengan politisi Sulut asal PAN, Ayub Albugis. PDIP kabarnya juga sedang menyiapkan pasangannya Andrei Angouw-Richard Sualang, atau pasangan lain.

Meski begitu, ada satu nama yang terlihat diam, santai dan santun yang dilirik dua partai politik (parpol) yakni Victor Mailangkay. Wakil Ketua DPRD Sulut ini akan menjadi lawan sepadan, mengingat punya reputasi 7 kali menjabat Anggota DPRD Sulut dari dua partai berbeda.

Bahkan berhembus kabar, dua parpol yakni Gerindra dan Golkar kepincut dengan cara berpolitik mantan dosen Fakultas Hukum Unsrat ini untuk bertarung di Pilwako Manado.

“Saya ingin mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Manado dengan visi menjadikan kota cerdas, smart infrastruktur, smart ekonomi, smart lingkungan dan kemudahan akses terhadap layanan pendidikan dan kesehatan,” katanya ketika mendaftar di Partai Gerindra Sulut beberapa waktu lalu.

Jika diusung partai lain? “Saya memenuhi undangan dari partai Golkar dan Gerindra. Tinggal menunggu persetujuan dari Partai Nasdem. Jika ditanya siap, saya sudah siap,” ucap dia.

Dirinya mengaku tidak mendaftar di Partai Nasdem. “Akan tetapi dari calon yang diundang bisa saja akan berubah. Sebab yang menentukan itu hasil survei secara internal dan eksternal,” tuturnya.

Pengamat politik Sulut, Taufik Tumbelaka mengatakan Pemilu semakin dinamis dan terlihat. Mulai makin kuat bermunculan wacana nama-nama bakal kandidat bahkan pasangan.

“Hanya saja, nampaknya hampir semua parpol masih ‘bermain’ di wilayah ‘abu-abu’ karena masih menggodok bakal kandidat dan mengambil posisi wait and see, menunggu dan melihat dinamika yang terus terjadi,” ujarnya.

Parpol yang agak lebih jelas mengangkat bakal kandidatnya adalah Partai Golkar dengan Jimmy Imba Rogi. Dan lainnya masih menggodok dengan terus mencermati konstelasi politik. Ia menambahkan, dinamika yang terjadi menunjukkan bahwa Pemilukada Manado saat ini dari sisi figur yang mengemuka relatif dan punya peluang hingga membuat parpol berhati-hati dalam menentukan bakal kandidatnya.

“Menurut saya Nasdem Manado saat ini, tidak mudah menentukan bakal kandidatnya karena telah bermunculan sejumlah figur yang mencolok ialah Sekretaris DPW Nasdem, Victor Mailangkay dan Juliyeta Paula Amelia Runtuwene,” jelas Taufik.

Dua nama itu nantinya tidak akan dengan Nasdem tapi akan merapat dengan partai lain. “Victor Mailangkay bisa saja diusung parpol lainya seperti Gerindra dan Golkar. Dimana kedua partai tersebut didatanginya untuk mendaftar sebagai calon Pilwako 2020. Dalam politik praktis pemilu, semua berpotensi bisa terjadi,” pungkasnya.

Peliput : Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed