oleh

Hadapi Pilkada Saat Pandemi, Partai Mulai Usung Bakal Calon

-Berita, Polmas-1.810 views

Manado, Barta1.com – Pilkada serentak yang direncanakan berlangsung 9 Desember 2020 semakin memanas saja. Kendati gulirannya di tengah pandemi, partai politik (parpol) di Sulawesi Utara tetap serius mempersiapkan nama-nama yang bisa dimajukan sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Manado, Bitung, Minut, Minsel, Bolmong Timur, Bolmong Selatan dan provinsi.

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulawesi Utara menegaskan soal figur pasangan kandidat di 7 paket Pilkada Sulut baru terisi di 2 daerah. Sekretaris DPW Nasdem Sulut Victor Mailangkay memastikan tiket berupa SK DPP Nasdem telah dipegang Shintya Gelly Rumumpe sebagai bakal calon bupati Kabupaten Minahasa Utara dan Maxmilian Lomban, calon walikota dan petahana untuk Pilwako Bitung. Siapa yang jadi wakilnya, sejauh ini masih dikocok.

“Ya wakilnya masih dibahas agar bisa segera segera ditetapkan, sedangkan untuk 5 daerah lain termasuk provinsi nanti akan ditetapkan DPP,” ujar Victor di gedung DPRD Sulawesi Utara, Kamis (18/06/2020), seraya mengaku optimis dirinya yang ikut mendaftar sebagai bakal calon walikota Manado pasti terakomodir.

Memastikan calon di Minut dan Bitung, artinya Nasdem akan menghadapi PDIP yang juga sudah menyiapkan pasangan terbaiknya di kedua daerah itu. Fungsionaris PDIP Sulut Berty Kapojos mengatakan, Selasa (16/06/2020), di Bitung DPD mengusulkan nama Maurits Mantiri-Hengky Honandar, sedangkan Minut Joune Ganda-Kevin Lotulung. Satu lagi yang disiapkan si moncong putih untuk Pilkada Minsel adalah Frangky Wongkar-Petra Rembang.

Bagaimana dengan Pilwako Manado? di ibukota provinsi yang menjadi simbolisasi kekuasaan penuh bagi semua pihak ini mengapung nama Andre Angouw-Richard Sualang sebagai gacoan PDIP. Soal keduanya ataupun sosok lain yang akan ditetapkan DPP PDIP, kader banteng Manado dengan tegas menyatakan telah siap mengawal proses pertarungan berujung kemenangan.

“Pengurus DPC PDIP Kota Manado tetap berpegang teguh pada keputusan partai baik di tingkat DPP dan DPD, pada intinya saya selaku kader partai akan mengawal dan bekerja penuh untuk partai dengan tujuan memenangkan Pilkada di Kota Manado,” ungkap Wakil Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kota Manado Hengky Kawalo, baru-baru.

Partai Demokrat juga sudah melangkah manis menghadapi Pilwako Manado. Kalau PDIP dan Nasdem masih menimbang, Bintang Mercy justru telah menyiapkan kadernya sendiri, figur wakil walikota Mor Dominus Bastiaan sebagai bakal calon walikota. Nama itu pula yang disodorkan ke DPP Demokrat.

“DPC Partai Demokrat Kota Manado mengusulkan Mor Dominus Bastian sebagai calon Walikota Manado, namun semua itu kembali kepada keputusan DPP dan DPD Partai Demokrat,” ungkap fungsionaris Demokrat Nortje Van Bone, sambil mengaku asas menentukan calon adalah lewat mekanisme survei, termasuk membuka peluang koalisi.

Partai Golkar juga telah mengerucutkan sosok kuat Jimmy Rimba Rogi sebagai bakal calon walikota Manado, kendati seperti yang lain keputusan menyangkut mandat pencalonan Walikota Manado adalah kewenangan DPP Partai Golkar. Wakil Sekretaris DPD I Golkar Sulut Raski Mokodompit memastikan hingga hari ini pihaknya terus membangun komunikasi politik dengan parpol lain untuk membaca peluang berkoalisi di setiap kabupaten dan kota.

Sedangkan PAN dan PKS yang telah menyatu lewat Koalisi Keumatan di DPRD Manado, sepakat menjagokan Mor Bastiaan, Julyeta Paulina Runtuwene dan Sonya Selviana Kembuan sebagai kandidat di PIlwako Manado. Koalisi keduanya sebut Sekretaris Tim Pemenangan Partai Farist Soeharyo memiliki hak mengusung calon.

Terakhir, Partai Gerindra Manado terus disibukkan menyaring nama-nama yang bisa dimajukan. Peminat untuk menggunakan Gerindra sebagai kendaraan dalam suksesi ternyata cukup banyak, hingga 25 figur yang mendaftar sebagai bakal calon.

“Beberapa nama dari 25 pendaftar yang kami saring itu sudah dikirim ke DPP, tinggal menunggu keputusan final,” tandas Ketua Gerindra Kota Manado, Mona Kloer pada Barta1, sembari tersenyum manis. (*)

Peliput: Albert P. Nalang, Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed