oleh

Hari Lahir Pancasila, Rektor Unsrat Canangkan Zona Integritas Fakultas Teknik

Manado, Barta1.com – Memaknai hari lahir Pancasila 1 Juni 2020 dilakukan pencanangan zona integritas Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA menyampaikan kegiatan ini menjadikan Fakultas Teknik sebagai pionir bagi fakultas lain dan unit kerja di lingkungan Unsrat.

“Unsrat menyambut baik pelaksanaan zona integritas demi terwujudnya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi. Zona integritas menandakan komitmen institusi untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih serta melayani,” ujar Ellen.

Kata Ellen, dari 130 PTN di Indonesia, telah dipilih 14 PTN untuk menjadi daerah zona integritas WBK dan WBBM, dan Unsrat menjadi salah satu yang dipilih.

“Kita dipilih karena berhasil mendapatkan status WTP selama 2 tahun (2018-2019). Kepercayaan ini memberikan rasa bangga, sekaligus tanggung jawab yang besar, bukan hanya pimpinan dan dosen, tetapi seluruh civitas akademika di lingkungan Unsrat,” imbuhnya.

Ia berharap seluruh pejabat dan civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik berkomitmen melaksanakan zona integritas.

Lanjut Kumaat, adanya komitmen tersebut diharapkan mewujudkan instansi yang bebas korupsi dan KKN. Serta, mengutamakan pelayanan publik yang prima dan bersahabat bagi kepuasan publik.

Sementara hadir dalam acara tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani.

“Saya sangat yakin jika pencanangan zona integritas dipimpin langsung oleh Ibu Rektor, diikuti dengan ketua zona integritas sebagai agen perubahan bersama para civitas akademika, akan menjadi momen penting bagi Unsrat untuk menjadi PTN yang memotori pengembangan zona integritas,” tutur Paris.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, lanjutnya, berharap Unsrat Manado menjadi inspirasi dan mata air zona integritas di Pulau Sulawesi serta bagi Indonesia.

Pencanangan ini berupaya membangun reformasi birokrasi, budaya kerja dan anti korupsi, berkinerja tinggi, pelayanan publik yang berkualitas, serta menjadi percontohan dalam menuju WBK dan WBBM.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed