oleh

Hilang Melaut, 4 Warga Matahit Talaud Ditemukan Selamat

Talaud, Barta1.com – Empat warga asal Desa Matahit, Kecamatan Beo Selatan, Kabupaten Kepulauan Talaud yang sempat dikabarkan hilang saat melaut sejak Jumat (15/5/2020), ditemukan dalam keadaan selamat.

Mereka adalah Simson Buambitun (51), Rifaldo Tatingulu (12), Junaldi Alase (12), dan Jildo Tulong (12) yang ditemukan di sekitar perairan Bulude, Essang, Talaud, sekitar pukul 15.30 WITA, Minggu (17/5/2020).

Kapolsek Beo, Ipda Johan Atang menerangkan pencarian bersama dilakukan oleh TNI AL, Polsek Beo, pemerintah serta warga setempat mulai Minggu pagi, sekitar pukul 06.30 WITA. “Pencarian awalnya dilakukan oleh 8 warga Matahit menggunakan 2 unit pamboat ke arah barat laut, sesuai posisi awal yang disampaikan oleh Simson Buambitun melalui hand phone,” ujar Kapolsek.

Lanjutnya, sekitar pukul 11.00 WITA, personel TNI AL melakukan pencarian hingga ke seputaran Essang, namun belum membuahkan hasil. Sore harinya, Polsek Beo berkoordinasi dengan pihak keluarga dan mendapat info bahwa keempatnya sudah melakukan kontak melalui hand phone dengan Napilda Manambing (46), istri Simson Buambitun dan mendapatkan informasi bahwa keempatnya terdampar di perairan sekitar Desa Bulude, Kecamatan Essang.

Setelah mengantongi informasi tersebut, Kapolsek Beo kembali berkoordinasi dengan keluarga, TNI AL dan pemerintah setempat, lalu mengutus warga untuk mengecek kondisi sekaligus membawa makanan bagi mereka. Utusan lalu menuju lokasi menggunakan pamboat.

“Sekitar pukul 16.30 WITA, utusan warga telah bertemu dengan keempat warga tersebut. Kondisi mereka saat itu lemas kemudian diberikan makanan. Selanjutnya dibawa menuju Matahit,” jelas Kapolsek.

Atang juga mengimbau agar seluruh warga harus memperhatikan berbagai faktor sebelum melaut, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Di antaranya, perhatikan faktor cuaca, kemudian kondisi kesehatan dan mesin kapal, serta peralatan pendukung atau perlengkapan keselamatan lainnya. Utamakan keselamatan saat melaut,” ungkap Atang.

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed