oleh

Gerakan Kasih Cabdin Dikda Talaud, Bukti Kepedulian Terhadap Sesama

Talaud, Barta1.com – Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 dan Peduli Dampak Covid-19, Cabang Dinas Pendidikan Daerah (Cabdin Dikda) Kabupaten Kepulauan Talaud mewujudkan kepeduliannya terhadap orang tua siswa/murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Luar Biasa (SLB) yang terdampak pandemi Covid- 19 dengan melakukan aksi Gerakan Kasih.

Aksi kemanusian yang digelar Sabtu (2/5/2020) di SMK Negeri 1 Talaud dikemas dalam bentuk pemberian bantuan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada orang tua murid/siswa yang terdampak pandemi Covid-19 yang diserahkan secara simbolik.

Untuk menghindari kerumunan banyak orang, kegiatan ini yang berlokasikan di SMK Negeri 1 Talaud ini diatur dengan menghadirkan lima orang siswa yang merupakan perwakilan dari lima sekolah yaitu SMK Negeri 1 Talaud, SMA Negeri 1 Melonguane, SMA Negeri 2 Melonguane, SMA peningkatan Tule, SMK Negeri 2 Talaud dan SMK Baramuli.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah (Kacabdin Dikda) Kabupaten Talaud, Sri Ratna Pasiak W.Pd M.Pd mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Hardiknas tahun ini Cabdin-Dikda Kabupaten Talaud bersama Pemprov Sulut melakukan Gerakan Kasih Peduli Covid-19 dimana kegiatan ini ditujukan bagi siswa-siswa yang terdampak covid-19 serta rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 sebagai wujud Gotong royong dalam menghadapi situasi darurat Covid-19.

Lanjutnya, tindakan yang dilakukan oleh ASN maupun THL ini murni sebagai wujud kepedulian terhadap para siswa SMA/SMK/SLB yang ada di kabupaten Talaud. Kegiatan ini berupa pemberian bantuan, terutama kepada seluruh siswa yang terdampak Covid-19 dab juga kepada rumah sakit yang merawat pasien penderita Covid-19.

Untuk dana dalam pelaksanaan kegiatan ini merupakan partisipasi dari seluruh ASN dan THL yang ada di SMK, SMA dan SLB di Talaud yang menyisikan sebagian kecil dari pendapatan yang kemudian dibagi dan diberikan kepada peserta didik atau siswa yang sangat membutuhkan.

“Ini merupakan kepedulian dari kami dan ini menanamkan kepada.seluruh ASN dan THL bahwa betapa indahnya hidup saling berbagi. Kita hidup bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi kita hidup untuk orang lain, termasuk para siswa yang terdampak Covid-19,” terang Pasiak.

Selain itu, Pasiak menambahkan, bahwa bantuan lain yang berhasil dikumpulkan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Sulut untuk membantu rumah sakit yang kini merawat pasien Covid-19. “Mengapa rumah sakit di Talaud tidak dikunjungi? Sebab di Talaud tidak ada pasien penderita Covid19. dan bantuan ini hanya untuk pasien penderita Covid-19 yang menjadi rujukan dan sedang dirawat di rumah sakit,” papar Pasiak.

Penghargaan setinggi-tingginya, dan apresiasi kepada para kepala sekolah yang telah melaksanakan kegiatan ini, sudah berinisiatif menyumbangkan ide, bahkan berkorban untuk membantu dan menolong anak-anak yang sangat membutuhkan. “Kiranya Tuhan membalas budi baik bapak dan ibu sekalian,” ucap tokoh pendidikan yang akrab disapa Bunda ini yang baru menyelesaikan ujian doktoralnya.

“Meskipun dengan suasana berbeda, mari kita belajar dari Covid-19, mari kita terus belajar dan tetap semangat untuk memajukan pendidikan di kabupaten kepulauan talaud bahkan provinsi sulawesi utara serta pendidikan secara nasional,” ungkap kandidat doktor pendidikan ini.

Pasiak juga mengajak agar seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud khususnya bidang pendidikan, agar tidak patah arang dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19, melainkan menjadi asupan semangat untuk terus belajar.

“Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional. Belajar dari Covid-19 untuk pendidikan, Sulut Hebat. Tetap semangat, jaga jarak, jaga semangat, gunakan masker selalu, rajin cuci tangan dan pertahankan imun agar tetap sehat, fit dan kuat,” kunci Pasiak.

Ia berharap, semoga kegiatan peduli kasih ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lain untuk menumbuhkembangkan rasa empati yang tinggi terhadap sesama yang lagi membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut diselenggarakan juga video konferens dengan Gubernur Sulut di SMKN 1 Talaud di Melonguane para siswa bersama kepsek dari SMKN 1 Talaud di Melonguane.

SMKN 2 Talaud di Miangas, SMA Peningkatan di Kiama, SMA N 1 Talaud di Melonguane dan SMK Baramuli di Melonguane bersama jajaran Cabdin-Dikda Kabupaten Talaud

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed