oleh

Webtorial: Di Tengah Pandemi, Bupati Kepulauan Sangihe Pantau Produktifitas Petani

-Berita, Daerah-1.011 views

Sangihe, barta1.com – Bergerak terus memantapkan produktifitas petani di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bupati Jabes Ezar Gaghana, mengunjungi kebun pertanian warga di sejumlah kecamatan.

Hingga kini sudah mencapai 11 Kecamatan yang dikunjungi Bupati untuk memantau kebun-kebun pertanian di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Menurutnya itu sangat perlu untuk mendorong pertanian lokal Sangihe akar dapat berdiri di kaki sendiri (Berdikari) ke depannya, Jumat (24/4/2020).

Bupati memantau perkebunan petani di Kampung Beha, Tabukan Utara.

“Kenapa masyarakat harus menanam? Supaya masyakat tetap eksis, dan suplai terhadap kebutuhan pangan lokal kita dapat terfasilitasi dengan tanaman yang ditanam oleh masyarakat,” ucapnya ketika diwawancarai barta1.com.

Menurutnya banyak faktor yang dapat dirasakan manfaatnya ketika kekuatan pangan lokal sudah siap. Antara lain adalah peningkatan pendapatan masyarakat, melalui sektor pertanian harian. Meski menurut dia masyarakat masih pada level survei 95% bergantung suplai dari luar daerah.

Salah satu areal perkebunan warga di Kepulauan Sangihe

Bupati Jabes juga mengakui kondisi produksi pangan Sangihe di tengah Pandemi masih kurang. Hal itulah yang terus medorongnya memantau hampir semua wilayah kecamatan yang mempunyai produk pertanian. Di sisi lain, ia berharap pemerintah desa juga dapat memaksimalkan Dana Desa Padat Karya ke sektor pertanian.

“Kenapa masih kurang, makanya kita harus mendorong Dana desa Padat karya ke sektor pertanian,” jelasnya.

Bupati menyebutkan produk pertanian yang paling dominan di Kabupaten Kepulauan Sangihe saat ini yang terus didorong antara lain, rempah-rempah, umbi-umbian, ubi jalar, ubi kayu, talas, termasuk di dalamnya juga perberdayaan produksi Sagu. (**)

Peliput: Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed