oleh

Strategi Bupati Banggai Waspadai Corona dengan Menggandeng 3 Maskapai

Luwuk, Barta1.com – Berbagai cara dilakukan para kepala daerah di Indonesia dalam mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di daerahnya masing-masing. Salah satu yg menarik seperti yang dilakukan Bupati Banggai, Sulawesi Tengah, DR Ir H Herwin Yatim MM.

Ia melakukan strategi pengawasan dengan melibatkan tiga maskapai penerbangan yang selama ini terbangi Luwuk, ibukota Banggai. Yakni Wings Air, Batik Air dan Sriwijaya. Juga peraih predikat Bupati berprestasi di luar pulau Jawa oleh Kemenpan RB ini, menggandeng para pengelola bandara besar di Pulau Sulawesi. Yakni, GM Angkasa Pura (AP) I Bandara Hasanudin Makasar, GM AP I Bandara Sam Ratulangi Manado, GM Bandara Mutiara Palu. Juga pihak Pelindo Gorontalo dan Bitung.

Bagaimana format pengawasannya? Bupati Banggai menerapkan strategi pengawasan ketat bagi warga yang akan berkunjung ke daerahnya. Yaitu mereka diminta format isian informasi diri, tentang riwayat perjalanan, penyakit diidap, maksud tujuan berkunjung ke Banggai hingga alamat dan nomor telepon selama berada di Banggai. Semua data tersebut diisi dalam format isian internet. dibrowsingg di alamat: https://bit.ly/Pendataan-warga-kabbanggai-dari-zona-merah.

Saat akan cek in di bandara atau pelabuhan, para penumpang akan diinfokan oleh petugas cek in di bandara dan petugas maskapai.

Melancarkan strategi pengawasan ini, Bupati Banggai menempatkan Dinas Kesehatan Banggai dalam penyusunan format isian hingga pengawasan di lapangan bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Banggai. Dan untuk merangkul pihak maskapai dan pengelola bandara, ditugaskan Badan Promosi Pariwisata Daerah atau Banggai Tourism Board (BTB).

Bupati Herwin Yatim mengatakan bahwa antisipasi ketat penyebaran virus Corona di daerahnya gencar dilakukan. Khususnya pengawasan di perbatasan dan bandara serta pelabuhan laut. Strategi ini juga meredam keresahan masyarakat setempat setiap menyaksikan ada warga tiba dari luar daerah.

“Nah, warga yang tiba kita pantau melalui info data itu. Alhamdulillah, sampai saat ini, belum ada pasien positif Covid19 ditemukan di daerah kami,” kata Bupati Herwin didampingi Kadis Dinas Kesehagan Banggai DR dr Anang Otoluwa MPPM dan Ketua BTB Mohamad Dino Gobel.

Dukung Penuh

GM PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai langsung mendukung. “Mulai Senin, pengumuman Pak Bupati Banggai sudah dipasang di cek in konter dan LED tv bandara. Ini contoh kreatif yang harus ditiru kepala daerah lain,” puji Minggus.

Hal senada disampaikan GM Area Lion Group Makasar, Rony Pasla, GM Lion Group Area Manado, Irwan Olii dan Manajer Area Sriwijaya Luwuk, Fahmi. Ketiganya menyatakan mendukung penuh dan segera menerapkannya.

Editor : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed