oleh

Apakah Makatara Talaud Punya Hubungan Dengan Majapahit? Ini Penjelasannya

Legenda masyarakat Talaud menyebutkan, wilayah itu pernah menjadi bagian sekaligus pusat kerajaan Makatara di masa Hindu yang berkaitan dengan Kerajaan Majapahit.

Konon, sejak lama mereka juga sudah menjalin hubungan dengan kerajaan Kutai dan Samudera Pasai. Namun data yang sempat disentil sejarawan Ivan Kaunang dalam bukunya “Bulan Sabit di Nusa Utara” itu, dibantah Alex Ulaen.

Apakah Sangihe-Talaud pernah ditaklukkan Majapahit? Generasi tua di sana begitu percaya pada tulisan dan atlas buatan Mohammad Yamin. Sekaligus begitu terpaku dengan penamaan Uda Makatraya yang dihubungkan dengan kampung Makatara di pulau Karakelang.

“Setelah melakukan kajian atas sejumlah dokumen antara lain karya Pigeaud yang dikutip Yamin, jika kita membacanya dengan serius, Pigeaud sendiri ragu menempatkan Uda Makatraya di Nusa Utara,” kata Ulaen.

Lanjut sebut dia, hasil penelitiannya atas dokumen tersebut sudah dipublikasikannya dalam makalah berjudul: “Kepulauan Sangihe dan Talaud Dalam Peta Sejarah Maritim Nusantara” pada 2004.

Menurut Ulaen, ada dua pakar sanskrit dan sejarah maupun antropolog, yaitu Christian Pelras (Prancis) dan J. H. F. Sollewijn Gelpke (Belanda). Keduanya membantah pendapat Yamin dan menunjuk lokasi Uda Makatraya ada di Sulawesi Selatan.

Selain itu, Robert Cribb dalam karyanya, Historical Atlas of Indonesia (2000:87), peta 3.17, Majapahit’s overseas empire, menandai wilayah Majapahit tidak mencakup Sulawesi Bagian Tengah dan Utara.

“Mari kita lupakan mitos salah tafsir dari canto 14 stanza 3-5 Negarakertagama karya Mpu Prapanca,” ujar Ulaen.

Kedanti begitu, Drs. Trius Abbas, dalam sebuah diskusi di tahun 2005 di rumah penulis mengatakan, keterkaitan Talaud dengan Majapahit tak saja sebagaimana tafsir yang ada, bersumber dari kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca.

Di Talaud juga ada cerita rakyat tentang Mpu Nala. Disebutkan, Mpu Nala adalah salah seorang pati kerajaaan Majapahit yang bergelar “Raja Elang”. Ia datang bersama pasukannya ke pulau Karakelang dan menetap di Makatara dan menjadikan Talaud sebagai benteng terutara Majapahit yang disebut Uda Makatraya.

“Andaikata Talaud tak punya hubungan dengan Majapahit, mengapa legenda ini ada di tengah masyarakat,” tanya Abbas. (*)

Editor : Iverdixon Tinungki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed