oleh

Webtorial: Musrenbang RKPD Kepulauan Sangihe 2021

Sangihe, Barta1.com – Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Rencana Kerja Pembanguan Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2021, resmi digelar di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo, Senin (16/3/2020).

Dengan mengusung tema: Pengembangan SDM dan Infrakstruktur Mendukung Ekonomi Ekslusif Demi Terwujudnya Pertumbuhan Yang Berkualitas.

Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana ketika membuka pelaksanaan Musrembang RKPD Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2021, mengajak setiap stakeholder, untuk dapat mempertahankan hasil gemilang yang telah dihasilkan Sangihe selama ini, bahkan menularkannya pada hasil kerja sektor yang lain.

“Arah kerja pembangunan kita di tahun 2021, telah dituangkan dalam RPJMD yang telah disahkan, dengan mengangkat 1 Visi dan 7 Misi, yakni Sapta Karya” ujar Gaghana dihadapan 60 peserta yang hadir, Senin (16/03/20).

Dijelaskan, Sapta Karya dimaksud, yakni visi Kepulauan Sangihe yang merupakan Daerah Perbatasan NKRI Sebagai Gerbang Maritim Indonesia Yang Maju, Sejahtera dan Mandiri, dengan 7 misinya.

Yakni menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat secara sistematis, terpadu dan konsisten, membangun pemerintahan melayani rakyat, handal dengan tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel dijalankan aparatur penyelenggara berintegritas, profesional, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme, membangun infrastruktur daerah secara tepat guna berdasarkan rencana tata ruang wilayah yang konsisten, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, meningkatkan konektivitas dan kontiunitas transportasi wilayah, telekomunikasi dan informasi sebagai daerah perbatasan dan penjaga wilayah kedaulatan NKRI.

Kemudian membangun kemandirian ekonomi daerah dan masyarakat secara terencana, sistematis dan berkelanjutan, Mewujudkan kehidupan masyarakat yang religius, nasionalis, tangguh dan berdaya saing yang berdasar pada jati diri budaya dan kearifan lokal, dan Mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup berbasis masyarakat, secara terpadu, komprehensif dan berkelanjutan.

Dalam gelaran yang disebutnya sebagai sebuah prestasi, karena menjadi yang tercepat kedua di Sulut. Bupati juga mengapresiasi langkah cepat Bapelitbangda yang dianggapnya sigap mengupayakan agenda kerja dimaksud, guna Sangihe yang lebih maju kedepan.

“Semoga apa yang terjadi tahun ini, akan terus menjadi motivasi bagi kita semua, karna langkah maju Kabupaten yang kita cintai ini, terletak pada komitmen kita bersama,” tandas Bupati.

Melalui Musrenbang kali ini, ada 6 program prioritas kembali dimaksimalkan untuk kembali menjadi program andalan Kepemerintahan JEG-HH dalam upaya tumbuh kembang Kabupaten Kepulauan Sangihe, yakni program Medaseng, Program Penguatan Pangan Lokal Menuju Kemandirian Pangan, Dua Hari Tanpa Nasi, Pasar Tani Nelayan (Pastane), Akselerasi Pembangunan Dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Kampung, Satu Desa Satu Produk Unggulan Persiapan, Kawasan Industri Pedesaan dan “Desa Emas” (bekerjasama dengan Kein), Pengembangan Ekonomi Digital: Sangihe Go Digital Yang Diawali Dengan Pembenahan Database Untuk Sangihe Satu Data (Kerjasama Dengan Kemenkominfo Lewat Program ‘Co Class: 3t Go Digital’), Pendampingan Dan Pemberdayaan Masyarakat Secara Komprehensif Dan Berkesinambungan, Satu Kampung Satu Eselon 3 Dan Program Patriot Desa/Kampung (2020-2022). (advertorial)

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed