oleh

Begini Penanganan Pasien Suspect Corona di Kepulauan Sangihe

Sangihe, Barta1.com – Sebagai daerah kepulauan, Kabupaten Kepulauan Sangihe juga menyeriusi penanganan virus Corona atau Covid-19. Melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Satgas) Covid-19 dilaksanakan simulasi penanganan pasien dengan gejala Covid-19, Kamis (26/3/2020).

Simulasi dimulai dengan rekayasa korban dengan gejala Covid-19. Adapun penanganan pertama kali dilakukan oleh tim medis Puskesmas yang ditentukan secara random, untuk kemudian mendapatkan pemeriksaan lanjutan di RSUD Liung Kendage Tahuna.

Setelah mendapatkan kejelasan tanda-tanda Covid-19, pasien akan dibawa ke RSU Pratama Liun Paduli Tabukan Utara, untuk proses isolasi sementara.

Sesudah itu tim Satgas Covid-19 akan menyiapkan fasilitas pemberangkatan rujukan ke Manado menggunakan sejumlah kapal yang telah disiapkan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang sudah siap di Pelabuhan Tua Tahuna.

Terkait efektivitas dan efisiensi waktu, melihat dari simulasi tersebut, Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengatakan tim medis dinilainya sudah paham dengan tupoksinya masing-masing, baik tim perawat, dokter, bahkan sopir ambulance sekalipun.

“Bahkan cukup sigap dalam melakukan prosedur kerja, sejak menerima laporan di Puskesmas, hingga korban dikapalkan. Bisa dikatakan, kerja sama tim sudah terbangun, lewat komunikasi yang terkoordinir dengan baik,” ujar Gaghana.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed