oleh

3 Ribu APD Cegah Corona Tiba di Bandara Samrat, Sulut Butuh 50 Ribu

Manado, Barta1.com – Alat Pelindung Diri (APD) dari pemerintah pusat tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, sekitar pukul 14.40 WITA, Kamis 26 Maret 2020. APD tersebut dibawa pesawat milik TNI AU CN-295 A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dengan pilot Lettu Pnb Riyo serta lima orang kru. APB berjumlah 60 koli atau sekitar 3.000 pcs.

Kadis Kesehatan Sulut, dr Debie Kalalo, mengatakan APD ini, akan diberikan kepada tim medis yang bertugas untuk menangani virus Corona di 15 Kabupaten/Kota di Sulut. Tenaga medis disiapkan berjumlah 10 ribu orang tersebar di seluruh Sulut baik di rumah sakit, puskemas maupun tempat direkomendasi pemerintah.

“Memang APD yang diterima belum sesuai kebutuhan. Tinggal menunggu pengiriman berikut,” ujar Debie.

Pemprov Sulut sangat serius menagani virus Corona. Terbukti ada sekitar 17 rumah sakit rujukan termasuk penujang disiapkan. Rumah sakit tersebut, kata dia sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan RI untuk menangani pasien Corona di Sulut.

Disebutkan, total APD yang harus disiapkan untuk Sulut diperkirakan sekitar 50 ribu. “Jadi kita menghitung per kasus dikalikan berapa banyak petugas medis. Rencananya hari ini juga, ada alat tes cepat sebanyak 2.400 yang bakal diterima Dinas Kesehatan Sulut,” papar Debie lagi.

Untuk menangani pasien isolasi disiapkan 195 puskesmas dan 49 rumah sakit tersebar di 15 kabupaten/kota. Kemudian proses penanganan dibantu oleh relawan dan fakultas kesehatan. Di samping itu, pemerintah menyiapkan rumah singgah yang menampung sekitar 500-600 orang. “Ada tiga rumah singgah di Sulut,” katanya.

Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi (Danlanusri) Kolonel Pnb Johnny Sumaryana mengatakan, TNI AU hanya mengfasilitasi pengiriman APD dari Halim ke Bandara Sam Ratulangi Manado. “Ini bentuk kerja sama kami antara TNI, kepolisian dengan Pemprov Sulut, dalam penanaganan virus Corona,” ujar Johnny Sumaryana didampingi Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa.

Lanjut dia, ini pengiriman pertama sebayak 60 koli yang berisi APD 3.000 pcs. Selanjutnya nanti menunggu petunjuk dari pimpinan. “Sebelum loading logistik seluruh barang yang berada di dalam bagasi pesawat terlebih dahulu akan disterilkan dengan menggunakan cairan disinfektan oleh Rumkit Lanud Sam Ratulangi yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Sam Ratulangi. Serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan terhadap semua crew pesawat,” kata Danlanud.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed