oleh

Pasar Tradisional Tetap Buka dan Sediakan TCT

-Berita, Daerah-1.979 views

Manado, Barta1.com — Rumor penanganan Covid-19 makin berseliweran dengan liar di tengah masyarakat, salah satunya penutupan pasar-pasar tradisional. Manajemen PD Pasar Manado lewat Direktur Utama (Dirut) Stenly Duwuh membantah isu tersebut.

“Itu Hoax, tidak benar, yang benar pasar tetap beroperasi,” ujar Suwuh pada wartawan Minggu (22/03/2020).

Namun untuk mengantisipasi penularan virus Covid-19, pengelola pasar akan menyediakan tempat cuci tangan (TCT) di lokasi strategis. Ini mengacu pada surat edaran Walikota nomor 044/D.21/PTSP/2020 yang dikeluarkan Pemerintah Kota Manado. Di mana pada Point 3 menyatakan pasar tradisional agar menyediakan sarana cuci tangan dan menyediakan sabun serta cairan antiseptik/hand-sanitizer.

“Kami sudah melaksanakan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah kota Manado,” ucap Suwuh.

PD Pasar juga tengah membatasi pedagang yang bukan masyarakat Manado. Diharapkan pedagang dari luar Manado untuk melapor kepada petugas pasar apabila berjualan di pasar tradisional yang ada di wilayah Manado.

Ditambahkan Suwuh, untuk mengatasi Covid 19 ini, perlu adanya kesadaran diri serta mematuhi semua intruksi dari Pemerintah setempat. PD Pasar Manado akan terus mengevaluasi apabila ada perkembangan selanjutnya.

Sementara itu Walikota Manado GS Vicky Lumentut, menghimbau masyarakat jangan terpengaruh dengan hoaks, apalagi informasi tentang pasar tradisional akan ditutup. Selain itu Vicky menyampaikan sesuai surat edaran di setiap pasar tradisional akan disiapkan sarana TCT dengan air yang mengalir dan hand sanitizer dalam usaha pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Mustapa Thalib salah satu pedagang alat-alat dapur di Pasar Bersehati Calaca membantah isu pasar akan ditutup terkait wabah virus corona, bahwa itu tidak benar.

“Terus kalau pun Pasar ditutup istri dan anak-anak mau makan apa di rumah dan siapa yang mau bertanggung jawab,” kata dia.

Iqbal Lahati salah satu pembeli ikut diwawancarai, mengatakan pasar tradisional rentan virus dan kuman, karena pedagang dan pembeli selalu memegang uang dalam bertransaksi.

“Maka dari itu, pentingnya kesadaran untuk selalu mencuci tangan atau memakai hand sanitizer setelah melakukan aktivitas,” jelas Iqbal. (*)

Peliput: Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed