oleh

Edaran Pemkot Manado Bagi Tempat Hiburan Malam Antisipasi Covid-19

Manado, Barta1.com – Pemerintah Kota Manado mengeluarkan surat edaran bagi semua pusat hiburan malam, tempat pijat hingga pusat perbelanjaan. Edaran ini berkaitan dengan pencegahan potensi penyebaran vorus Corona (Covid-19).

Dalam surat edaran bernomor 044/D.21/PTSP/2020 terdapat tiga poin penting. “Pertama, seluruh tempat hiburan malam, karaoke, dan spa, dan sejenisnya, ditutup untuk sementara waktu hingga 30 Maret 2020,” ujar Wali Kota Manado, Vicky Lumentut melalui Satuan Tugas Penanganan Virus Corona, Micler Lakat.

Kemudian, seluruh tempat permainan daring (game online) dan sejenisnya juga ditutup sementara waktu hingga 30 Maret 2020. Selain itu, mengharuskan seluruh pemilik dan pengelola perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, hotel, tempat hiburan malam, restoran, lokasi wisata, tempat ibadah dan tempat umum lainnya, agar menyediakan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun serta cairan antiseptik,” katanya.

Ia berharap, masyarakat memahami edaran pemerintah untuk mencegah potensi bencana kemanusiaan. “Mari kita perhatikan bersama. Semua keputusan, kebijakan dan protokol pemerintah bertujuan menjaga keselamatan kita. Kita lebih baik mencegah ancaman Covid19,” pesannya.

Sementara itu, Aris Sam Maspeke, Manager Sarona Pub, saat dihubungi mendukung upaya pemerintah mencegah Covid-19 untuk menutup sementara tempat hiburan malam.

“Kami dari pihak management Sarona Pub, sudah mengantisipasi dari beberapa hari agar tidak menjalankan rutinitas di malam hari. Kami akan beroperasi kembali sampai situasi sudah steril kembali. Ini semua juga untuk kesalamatan kita bersama,” katanya.

Terkait untung ruginya perusahaan itu sudah konsenkwensi. “Lebih baik menghindari daripada mengobati,” kata Aris Sam.

Sejumlah area pelayanan umum seperti area Pelabuhan Manado terlihat sudah disediakan hand sanitizer. “Dibeberapa titik yang ada, terutama di ruangan tunggu terminal dan toilet umum,” ucap Mursito, Manager Opresional PT Pelindo IV Manado.

Mursito juga mengungkapkan telah menyediakan berbagai alternative untuk pencegahan Covid-19. “Bahkan kemarin hingga tadi pagi dari BNPB Kota Manado, telah melaksanakan penyemprotan cair desinfektan di terminal ruang tunggu dan beberapa tempat lainnya yang di area pelabuhan manado,” ungkapnya.

Sonny Pandelaki, pemilik tempat permainan daring (Game Online) dengan nama Mavia Gaming, sejak kemarin malam sudah menempel kertas dalam bentuk himbauan. “Bahwa untuk sementara waktu akan ditutup demi kenyamanan bersama, hanya melayani untuk warga terdekat, itu pun diberlakukan harus memakai masker,” tutur Sonny.

Peliput : Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed