oleh

Persipura Kalahkan Persebaya dan Kecerdikan Thiago Amaral

Manado, Barta1.com – Pelatih Jacksen F Tiago tak henti-hentinya mengucap syukur atas kemenangan 4-3 yang diraih atas Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (13/3/2020).

Kemenangan di pekan 3 Liga 1 2020 ini membuat publik pendukung Bajul Ijo tertunduk dan tak berdaya. Laga itu juga berkat kecerdikan Thiago Amaral yang mencetak dua gol. “Apa yang diraih itu, karena kerja yang sangat keras. Kita bersyukur kepada Tuhan, kita pantas dapat hasil ini,” ujarnya didampingi bek Israel Wamiau.

Dia mengungkapkan, setelah kekalahan dari Borneo FC, pihaknya berbenah dan memberi tugas kepada para pemain untuk berlatih lebih keras. “Saya bersyukur atas kerja keras pemain. Meski mereka disemprot oleh saya dan staf pelatih,” tandasnya saat jumpa pers usai laga.

Pelatih yang pernah membawa Persipura juara ini menempati janjinya yakni memanfaatkan cela pemain Persebaya.

“Salah satu kunci kemenangan yakni mengevaluasi jalannya pertandingan. Persebaya sangat luar biasa di sektor tengah ke depan. Tapi titik lemah adalah pertahanan dan kiper. Makanya kami lebih banyak shoting spekulasi ke gawang. Pertahanan agak longgar, kita manfaatkan cela,” ujarnya.

Jalannya Pertandingan

Laga ini sangat dramatis. Baru menit ketujuh, Persebaya mendapatkan hadiah penalti usai David Da Silva dijatuhkan bek lawan di area kotak terlarang. Sayangnya, bomber asal Brasil yang mengambil sendiri eksekusi tersebut gagal menjadikan gol usai sepakan kaki kanannya ditepis kiper Dede Sulaiman.

Peluang mencetak skor gagal dari titik penalti, skuat Bajul Ijo tak mengendurkan serangannya. Trio maut Mahmoud Eid, David Silva dan Irfan Jaya terus mengancam pertahanan Mutiara Hitam.

Kekuatan tim tamu harus tergerus saat kapten yang juga ujung tombak Boaz Solossa terpaksa meninggalkan arena laga akibat cedera dan harus digantikan Fridolin Kristof Yoku di menit 14.

Gol Persipura menit 20 tercipta melalui eksekusi cantik tendangan bebas melengkung Thiago Amaral yang melesatkan bola akurat ke gawang Rivky Mokodompit. Persebaya pun tertinggal 0-1 dari Persipura.

Tersengat gol lawan, arek-arek Suroboyo berupaya bangkit dengan makin intens melancarkan serangannya. Namun alih-alih ambisi menyamakan skor, gawang tuan rumah justru kembali harus kebobolan.

Berawal dari sebuah serangan balik menit 34, umpan terobosan Gunansar Mandowen ke kotak penalti dituntaskan sempurna oleh Thiago Amaral untuk mencatatkan namanya kembali di papan skor dan menambah keunggulan Persipura 2-0.

Persebaya akhirnya baru bisa memperkecil ketertinggalannya menit 43, dimana David Da Silva mampu membayar lunas kegagalan penaltinya. Umpan manis Mahmoud Eid ke depan gawang Persipura diselesaikan apik dengan sontekan Da Silva menit 43, yang merubah skor 1-2.

Dan keunggulan tim tamu 2-1 jadi skor hingga ditiupkannya peluit tanda babak pertama usai dan mengantar kedua kubu turun minum.

Baru memasuki 6 menit laga babak kedua, Persipura mampu menambah keunggulan menjadi 3-1. Umpan terobosan matang Thiago Amaral menerobos daerah pertahanan tuan rumah dan sukses dilesakan Muhammad Tahir.

Tim tamu pun berpeluang menambah keunggulan saat Feri Pahabol yang baru masuk menit 66 menyambar bola muntah di depan gawang Persebaya, sayang sepakannya yang membentur mistar dianggap wasit belum melewati garis gawang.

Tuan rumah akhirnya kembali menipiskan skor saat Mahmoud Eid membobol gawang Dede Sulaiman menit 74 dengan memaksimalkan assist Makan Konate. Skor berubah jadi 3-2.

Ketegangan pun terus berlangsung. Feri Pahabol menuntaskan gol pamungkas untuk Persipura menit 88 dan menjadikan tim tamu kembali menjauhkan keunggulan 4-2.

Drama masih berlanjut lagi. Giliran Persebaya belum mau menyerah dengan mencetak gol ketiganya saat Rendi Saputra mencatatkan skor hasil assist Hansamu Yama dan kembali tipiskan kedudukan 3-4.

Sayang, di sisa masa injury time armada tuan rumah gagal menyamakan skor yang menjadikan laga berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenagan Persipura Jayapura. Dengan kemenangan ini, Persipura naik ke posisi 3, sedang Persebaya terpuruk di urutan 16 klasemen sementara Liga 1.

SUSUNAN PEMAIN

Persebaya Surabaya
Rivky Mokodompit (GK); Hansamu Yama Pranata, Rizky Ridho, Alwi Slamat, Koko Ari Araya; Makan Konate, Aryn Williams, Ricky Kambuaya (Rendi Irwan 38’); Mahmoud Eid, David Silva (Patrich Wanggai 61′), Irfan Jaya (Oktafianus Fernandio 73′).

Persipura Jayapura
Dede Sulaiman (GK), Yustinus Pae, Israel Wamiau, David Rumakek, Donni Monim, Muhammad Tahir, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen, Thiago Amaral, Todd Rivaldo Ferre, Boaz Solossa (Fridolin Kristof Yoku 14’/Feri Pahabol 66′).

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed