oleh

Prihatin Abrasi, Nasdem Kecamatan Kabaruan Program Tanam Pohon

Talaud, Barta1.com — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasdem Kecamatan Kabaruan menanggapi serius persoalan tingginya angka abrasi dengan gerakan menanam sejuta pohon di sepanjang pesisir pantai Kecamatan Kabaruan, Kamis (12/03/2020).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPC Nasdem Kecamatan Kabaruan, Amal Aryanto Uada saat diwawancarai usai menggelar pertemuan bersama Pemerintah Kecamatan, Forkopimcam dan Kepala – kepala Desa di Gedung sanggar Seni Desa Mangaran.

Uada menerangkan, kegiatan yang akan mereka lakukan ini sesuai dengan amanat ketua umum Partai Nasdem Surya Paloh. Bahwa Partai Nasdem hari ini bukan lagi hanya berpikir tentang urusan politik, karena salah satu visi-misi Partai Nasdem adalah menjadi Partai modern sehingga perlu juga memikirkan masalah kemanusiaan dan lingkungan hidup.

“Untuk kepentingan masyarakat, Partai Nasdem harus mengambil bagian di situ. Sehingga menindaklanjuti perintah ini lewat Rakordasus DPD Partai Nasdem Kepulauan Talaud, maka kami berinisiatif mengambil langkah untuk menjawab Visi-Misi Partai Nasdem sebagai Partai yang modern yaitu bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk melakukan pencanangan pengamanan pesisir pantai yang merupakan langkah awal kami dalam menanggulangi abrasi,” ujar Uada.

“Kami sangat prihatin dengan tingginya angka abrasi di Pulau Kabaruan. Hal itulah yang mendorong kami untuk memulai langkah ini. Dimana kami bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan masyarakat untuk satu barisan dalam mengamankan pesisir pantai melalui gerakan ini,” jelas Uada.

Lanjutnya, rencana kegiatan ini disambut baik oleh Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan masyarakat karena gerakan yang mereka lakukan ini merupakan jawaban dari program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka pelestarian lingkungan.

Oleh karena itu, ia bersama pengurus DPC Nasdem Kecamatan Kabaruan sangat mengapresiasi respon positif dari Pemerintah Kecamatan dan Desa. Mulai dari kehadiran Pemerintah Kecamatan dan seluruh Kepala Desa serta dukungan penuh yang mereka berikan membuat kami senang dan lebih bersemangat lagi dalam persiapan pelaksanaan kegiatan ini.

Uada juga menuturkan, kegiatan ini awalnya rencananya akan dilaksanakan pada besok, Jumat (13/03/2020) dengan konsep kegiatan yang sederhana. Tetapi karena reapon dan suport Pemerintah Kecamatan dan Desa sangat baik, maka kami akan berkoordinasi lagi dengan Pemerintah Daerah. Pasalnya, konsep kegiatan ini awalnya sangat sederhana dan hanya mengundang Forkopimcam bersama Kepala Desa.

“Makanya kami masih akan berkoordinasi lagi dengan Pemerintah Daerah karena konsep kegiatannya sudah berubah saat menggelar pertemuan bersama Pemerintah Kecamatan dan Kepala – kepala Desa tadi siang. Pemerintah Kecamatan akan mengundang Pemerintah Daerah, Forkopimda dan instansi terkait. Selain itu, Pemerintah Desa siap membawah masyarakatnya dalam kegiatan ini,” terang Uada.

“Kami juga membutuhkan suport dan bantuan bantuan dari berbagai unsur agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Uada.

Terpisah, Camat Kabaruan, Djemi S L Laluraa SH MH mengatakan, kegiatan ini sangatlah positif karena ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi alam sekitar, khususnya wilayah pesisir pantai.
“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena hal ini merupakan satu langkah positif. Apalagi tingginya angka abrasi di sepanjang pesisir pantai di wilayah Kecamatan Kabaruan,” ujar Camat.

Camat juga meneranhkan, penanaman sejuta pohon ini akan dilakukan di semua Desa yang ada di Kecamatan Kabaruan, mulai dari Desa Panulan sampai Desa Pantuge. “Tetapi lokasi pencanangannya berada di Desa Taduna, di kompleks Pelabuhan kapal, Pasir putih. Lokasi ini nantinya akan komunikasikan dengan Pemerintah Daerah agar dicanangkan sebagai lokasi tempat wisata,” jelas Camat. (*)

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed