oleh

Warga Manado, Ayo Garap Lahan Tidur

-Berita, Daerah-1.235 views

Manado, Barta1.com — Kendati berada di tengah kultur kota, warga Manado sepatutnya bisa memanfaatkan lahan tidur yang masih tersedia. Dengan begitu warga bisa merayakan kemandirian pangan tanpa terlalu bergantung pada komoditi dari luar daerah.

Ajakan agar warga Kota Manado menggarap lahan tidur digagas Walikota Manado GS Vicky Lumentut. Bahkan hal ini makin teralisasi lewat program Gerakan Manado Ba Kobong (gerakan Manado berkebun).

Praktiknya langsung dilakukan saat Vicky mengunjungi warga Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), di kompleks Pentacostal Center Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget, Kamis 5 Maret 2020. Bersama jemaat GPdI se-Kota Manado, Vicky menanam jagung dan membajak lahan. Walikota terpantau lumayan ahli bercocok tanam. Tak heran, karena semasa kecil sempat merasakan hidup sebagai petani di desa asalnya, Remboken Minahasa.

Vicky meyakini kegiatan pertanian tanaman pangan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, sekaligus mengurangi ketergantungan pada daerah lain untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan daerah termasuk jagung. Potensi lahan tidur yang masih tersedia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan keluarga maupun masyarakat Manado.

Menurut dia, Program Manado Ba Kobong bila ditekuni akan mampu meningkatkan pendapatan dari kelompok tani, walaupun memang Kota Manado bukan daerah pertanian.

“Ayo kawan-kawan ASN-THL dan kelompok tani bahkan masyarakat kita galakkan dan sukseskan gerakan Manado Ba Kobong, sehingga Kota Manado mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri, juga mampu berkontribusi untuk medukung program nasional dalam bidang pertanian yakni Kostra Tani,” ajak Walikota. (*)

Peliput: Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed