oleh

Mewaspadai Gejala Penyakit Autoimun

Oleh: Aprisilia Debora Manganang

Sistem imun atau yang lebih dikenal dengan sistem kekebalan tubuh adalah kumpulan jaringan, protein, sel dan organ tubuh, yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit yang dibawa oleh mikroorganisme (virus dan bakteri).

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda, untuk itu jika anda merasa tubuh anda memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik segeralah untuk melakukan vaksinasi atau cegah sejak bayi dengan lengkapi imunisasi.

Namun sistem imun juga dapat mengalami gangguan yang sangat berpengaruh dalam fungsi dan kerjanya seperti yang satu ini penyakit yang sangat langka namun perlu diwaspadai karena jika dibiarkan dapat menyebabkan hal yang fatal sampai pada kematian, yaitu penyakit autoimun.

Jadi, penyakit autoimun merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menyerang sel–sel sehat dalam tubuh kita sendiri.

Penyakit ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah menilai sel sehat yang ada dalam tubuh dan menganggapnya sebagai benda asing. Sehingga tubuh akan mulai memproduksi antibodi yang akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh kita.

Penyakit yang satu ini lebih banyak menyerang wanita usia produktif, namun faktor penyebabnya dapat berbeda antara satu penderita dengan penderita yang lain.

Penyakit autoimun ini berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan sel jaringan, menimbulkan peradangan, dan menimbulkan kondisi yang serius seperti gangguan pada tulang persendian, saraf, kelenjar dan organ–organ penting lainnya.

Sampai saat ini belum diketahui pasti apa penyebab penyakit ini namun hal mendasar salah satu penyebab terjadinya penyakit ini karena faktor adanya riwayat keluarga.

Umumnya penyakit ini akan menyerang anggota keluarga yang lain meskipun tidak terserang penyakit autoimun yang sama, tetapi mereka rentang terkena penyakit autoimun yang lain.

Jika ada yang bertanya bagaimana pencegahan penyakit ini, jawabnya, penyakit autoimun sampai saat ini merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat dicegah. Tapi kita tidak perlu takut penyakit ini bukan berarti tidak bisa dikendalikan.

Jadi ketika kita mendapatkan gejala–gejala dari penyakit ini segeralah untuk melakukan perawatan spesialis untuk mengendalikannya. Sebagai contoh artis cantik Ashanty yang belum lama ini menderita penyakit autoimun maka hal yang ia lakukan adalah menjalani perawatan di rumah sakit.

Untuk penyakit ini yang perlu kita ketahui adalah gejala yang dirasakan penderita bisa ringan dan bisa berat atau parah tergantung pada kondisi penderita.

Tetapi ada beberapa gejala yang timbul bisa sama pada setiap penderita untuk penyakit yang langka ini, seperti rasa lelah yang berlebihan dan berkepanjangan, kesemutan pada tangan dan kaki, nyeri yang dirasakan di sekujur tubuh, sering terserang sariawan, kerontokan rambut yang parah, kurangnya kosentrasi, tidak fokus saat beraktivitas dan muncul ruam pada kulit.

Ketika anda telah mengalami gejala–gejala seperti di atas anda bisa segera pergi ke dokter. Diharapkan untuk tidak menunda karena perawatan sedini mungkin dapat membantu dalam kesembuhan anda. (*)

Penulis adalah Mahasiswi Fakultas Keperawatan/ Ilmu Keperawatan Universitas Katolik Dela Salle Manado.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed