oleh

Juni Target Ranperda Pohon, Fakir Miskin dan Protokol Tuntas

Manado, Barta1.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), Andrei Angouw memimpin rapat kordinasi terkait persiapan pembahasan rencana peraturan daerah (Ranperda) pohon, fakir miskin dan protokol.

Rapat itu dilakukan bersama Badan Pembentukan Perda (Bapenperda), Komisi III dan IV, para ahli dari kalangan akademisi dan pihak Kementrian Hukum dan HAM Sulut, di Ruang Serbaguna DPRD Sulut, Selasa (11/02/2020).

“Sekiranya Komisi III dan IV bisa segera mengadakan waktu secepat mungkin bersama para ahli untuk membahas Ranperda tersebut,” ujar Angouw.

Terkait ranperda pohon dan fakir miskin merupakan kelanjutkan pembahasan periode yang lalu dan itu dibahas Komisi III dan IV sedangkan Protokol DPRD itu dibahas Bapenperda.

Personil DPRD Sulut, Boy VA Tumiwa, menanggapi apa yang disampaikan Andrei Angouw. “Baiknya ketua salinan dari ranperda pohon, dan fakir miskin diperbanyak. Mohon dibagikan kepada seluruh anggota Komisi III dan IV agar dibaca dan dipelajari terlebih dahulu. Takutnya saat rapat paripurna nantinya banyak yang tidak paham dan mereka tidak akan setuju apa yang ada dalam pembahasan ranperda,” kata Boy.

Kita tahu bersama terkait Ranperda Pohon dan fakir miskin sudah pernah dikaji oleh pihak Kementerian Hukum dan HAM Sulut dan parah ahli. “Ini susunan lama tapi akan dijalankan pada periode yang baru ini yang perlu kita jelaskan kepada anggota DPRD Komisi III dan IV yang baru,” ujarnya.

“Kami sudah tahu dan mendengar ada pembahasan terkait ranperda pohon dan fakir miskin tetapi sampai saat ini belum ada pemberitahuan yang jelas dengan kepemimpinan kami yang baru harus perlu lagi mengetahui terkait ranperda yang ada,” ungkap Ketua Komisi III, Berty Kapojos.

Mendengar berbagai tanggapan dari para anggota komisi yang ada, Angouw kembali menanggapi. “Ini juga baru awal kita akan membahas ranperda ini. Pasti semuanya memerlukan kesiapan dan apa yang menjadi permintaan setiap komisi akan segera di laksanakan. Untuk itu, sekali lagi saya meminta agar Komisi III dan IV untuk segera melakukan pertemuan dengan tim ahli untuk membahas ranperda,” tegasnya.

Winsulangi Salindeho menambahkan, Anggota DPRD yang baru dari Komisi III dan IV terkait pembahasan ranperda nantinya akan dijelaskan oleh para ahli yang sudah ada. “Target kami yah ranperda pohon dan fakir miskin beserta protokol bisa selesai bulan Juni,” pungkasnya.

Peliput : Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed