oleh

Diaspora Nusa Utara di Manado Mengucap Syukur

-Berita, Daerah-1.590 views

Manado, Barta1.com — Pemerintah Kota Manado sukses menggelar upacara adat Tulude, Rabu (05/02/2020), yang dihadiri ribuan warga diaspora Nusa Utara di ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Prosesi ditandai dengan kue Tamo diarak mulai dari Gereja Sentrum Manado melewati pusat kota, terus ke jalan Sudirman hingga Lapangan Sparta Tikala.

Selama arak-arakan masyarakat terpantau antusias melihat kue Tamo dibawa oleh tim adat, dikawal dengan pasukan Paskibra, grup masamper, tarian adat serta marching band Satpol PP Kota Manado.
Suksesnya upacara adat Tulude di Kota Manado merupakan hal yang patut disyukuri, terutama kerja keras dari semua pihak yang memungkinkan Tulude di Manado saat berjalan dengan baik.

Penghargaan yang tinggi pun diberikan Walikota Manado Vicky Lumentut pada Ikatan Kekeluargaan Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) yang masih tetap bersama dengan Pemerintah Kota Manado dalam merawat rumah besar dengan kekayaan budaya yang ada.

“Mari kita rawat bersama rumah besar kita ini bersama dengan semua etnik yang ada di Manado. Hari ini Tulude saya katakan sukses untuk itu terima kasih dari kami bagi semua,” ujar Walikota

Vicky menyatakan lewat pelaksanaan Tulude dapat dimaknai sebagai permintaan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta simbol meninggalkan yang tidak baik di tahun sebelumnya untuk kemudian memulai hal baik di tahun baru ini.

Dia pun meminta dukungan bagi seluruh warga Manado asal Nusa Utara terhadap berbagai program yang berkelanjutan di tahun 2020, jangan sampai ada yang salah mengimplementasikan program tersebut.

Sementara itu, Ketua IKISST Sulut, Prof. DR. Orbanus Naharia, M.Si, menyampaikan banyak terimakasih kepada Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado, yang memasukan gelar budaya adat Tulude sebagai agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Manado.

“Ini menjadi kebanggaan kami warga Manado asal Nusa Utara (Sangihe, Sitaro dan Talaud) di mana adat dan budaya kami mendapat tempat yang layak dan baik dalam Kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Manado,” ujar Ketua IKISST Sulut ini.

Upacara adat Tulude ini turut dihadiri Wakil Walikota Mor Bastiaan, Ketua TP-PKK Kota Manado Julyeta Lumentut-Runtuwene, Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Imelda Bastiaan-Markus, Ketua DPRD Kota Manado Aaltje Dondokambey, Kapolresta Kota Manado Kombes Pol Benny Bawansel, jajaran pejabat terkait dan tokoh masyarakat. (*)

Peliput : Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed