oleh

Cuaca Buruk, 8 Penerbangan ke Bandara Samrat Manado Dialihkan

Manado, Barta1.com – Delapan penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi Manado terpaksa dialihkan ke sejumlah bandara lainnya, akibat cuaca buruk di Manado, Sulawesi Utara, Senin 3 Februari 2020.

Masing-masing ke Ambon yakni Batik Air ID 6270 dari Jakarta-Manado, Lion Air JT 942 Balikpapan-Manado. Lion Air JT 778 Makassar-Manado, Wings Air IW 1179 Tobelo-Manado dan Lion Air JT 736 Surabaya-Manado dialihkan ke Gorontalo.

“Sedangkan Garuda Indonesia GA 600 Jakarta-Manado, dan Lion Air JT 776 Denpasar-Manado dialihkan ke Makassar. Terakhir Garuda Indonesia GA 7402 Davao-Manado dialihkan pendaratannya ke Ternate. Tercatat 8 penerbangan dialihkan karena cuaca buruk di Manado. Hujan lebat mengguyur Manado sejak pagi hari hingga saat ini,” ujar Communication And Legal Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Angga Maruli di Manado, Senin (3/2/2020).

Zulkifly Madina, penumpang Batik Air ID 6270 dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta tujuan Manado membenarkan pesawat dialihkan ke Bandara Pattimura Ambon.

“Jadwal keberangkatan pukul 09.40 WITA dari Jakarta. Sempat tertunda dan pukul 10.10 WITA baru berangkat. Saat terbang menuju Manado cuaca buruk awan hitam melanda selama perjalanan. Cuaca buruk akibat hujan sangat lebat dan awan hitam menutupi jangkauan pesawat. Kapten pilot Batik Air sempat umumkan jarak pandang sangat pendek sehingga tidak bisa mendarat. Sempat tertunda 15 menit mendarat. Cuaca masih buruk dan kapten pilot pun mengambil keputusan mendarat di bandara terdekat yakni di Bandara Pattimura Ambon,” ujar Zulkifly saat dihubungi dari Manado.

Ia menambahkan, jarak tempuh 1 jam. Batik Air kemudian tiba pada pukul 14.30 WITA di Bandara Pattimura Ambon. “Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 14.00 WITA. Namun pesawat dialihkan di Bandara Patimura Ambon. Cuaca di Kota Ambon cukup cerah dan pesawat pun didaratkan dengan mulus,” katanya.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed