oleh

Wakil Ketua DPRD Manado: Lestarikan Adat dan Budaya Borgo

Manado, Barta1.com – Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Adrey Laikun menghadiri acara adat dan budaya Borgo, dalam rangka Kuncikan Tahun Baru yang berlangsung di Kelurahan Sindulang 2 Kecamatan Tuminting, Manado (31/01/2020).

Kehadiran legislator Partai Nasdem justru membawa gelora dan semangat, ketika disambut oleh Ketua Adat Borgo, Paulus Heydemans beserta seluruh masyarakat.

Dikatakan Heydemans bahwa Adrey Laikun adalah adalah satu pimpinan dewan Manado yang terus menjaga kelestarian budaya adat borgo di Kota Manado. “Kami salut,” katanya.

Laikun mengatakan tiga kecamatan yang ada di Manado Utara ini adalah daerah pemilihannya sudah sepantasnya dirinya bersama-sama masyarakat mengikuti acara budaya yang dikemas masyarakat Sindulang 2. “Saya selaku salah satu keturunan Borgo, mengharapkan mari kita terus melestarikan budaya adat Borgo. Dan mari kita meramaikan kegiatan ini,” ujarnya.

Dirinya bersama-sama melalui prosesi dalam bentuk Tarian Hassa Cakalele yang diikuti oleh bunyi tagonggong sambil memegang bunga kering yang terbuat dari daun woka.

“Ini adalah warisan leluhur dari budaya adat Borgo, sebagai simbol kain merah yang dilingkarkan dari kiri-kanan sambil memegang pedang untuk menari-nari dimana langit dipijak di situlah langit dijunjung,” pungkasnya.

Peliput : Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed