oleh

Datang di Manado, Menkes RI Pastikan Indonesia Aman Virus Corona

Manado, Barta1.com – Adanya warga yang diduga terkena virus corona yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou Malalayang Manado, membuat Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto menjenguk pasien tersebut di Ruangan Irina F.

Kedatangan Menkes RI didampingi Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan dan Direktur RSU Prof Kandou, dr Jimmy Panelewen.

Menkes RI mengatakan, kesadaran masyarakat saat ini sangat tinggi. Contohnya yang dilakukan anak muda yang dirawat saat ini. Setelah berkunjung ke Cina dan merasa tubuhnya kurang sehat langsung menghubungi pihak rumah sakit.

“Saya sebut anak muda tersebut adalah pahlawan. Ketika merasa tubuhnya kurang baik cepat mengambil tindakan dengan melaporkan ke rumah sakit,” ujarnya di Manado, Minggu (26/1/2020).

Untuk anak muda yang dirawat saat ini tidak ada tanda-tanda virus corona. Nyatanya tidak ada ciri-ciri virus tersebut seperti demam, batuk dan sebagainya . “Sekali lagi saya sampaikan anak muda tersebut tidak terkena virus corona dan saat ini ia makin membaik,” kata dia.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak panik. “Untuk Indonesia belum masuk dan aman dari virus corona,” ujar Putranto.

Sebelumnya ada 7 turis Cina ditahan di Bandara Sam Ratulangi Manado. “Informasi itu memang betul dan mereka harus ikut tahapan pemeriksaan. Saat diperiksa mereka tidak teridenfikasi virus kemudian dibebaskan dengan persyaratan ada pengawasan. Turis Cina yang datang di Manado mereka siap untuk diawasi,” ujarnya lagi.

Di Cina itu sendiri sebelum berkunjung ke negara lain mereka juga melakukan pemeriksaan. Jika terindentifikasi adanya virus maka tidak akan diberangkatkan. Sekali lagi warga Cina yang datang di Indonesia tidak teridentifikasi virus tersebut.

Putranto menambahkan, 100 rumah sakit saat ini dihimbau siaga dan 135 pintu masuk turis disiagakan beserta 100 temerscan disiapkan dan siagakan.

Saat ditanya terkait himbauan masyarakat di sosmed untuk menutup kedatangan turis cina ke Indonesia? “Indonesia dan Cina ada hubungan baik tekait menunjangan ekonomi dan bagi masyarakat jangan terlalu cemas ini akan menjadi kerja kami,” pungkasnya.

Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan berharap masyarakat Manado menghentikan penyebaran informasi hoax terkait virus corona. “Kita sudah mendengar sendiri apa yang disampaikan Menkes RI, Terawan Agus Putranto bahwa Indonesia aman dari virus tersebut,” tambahnya.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed