oleh

Survei Kepuasan Masyarakat, Ini Unit Pelayanan Publik Paling Baik di Sitaro

Sitaro, Barta1.com – Untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik oleh pemerintah daerah, maka Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Sitaro bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) pada tahun 2019 lalu.

Kepala Bappelitbangda Sitaro, Dr Agus T Poputra SE Ak MM MA, mengatakan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik.

“Sehingga survei ini dilaksanakan pada beberapa unit pelayanan pemerintah yang dianggap bersentuhan langsung dengan masyarakat. Survei ini iuga dilaksanakan pada akhir tahun 2019 lalu dan baru diterbitkan tahun ini. Hasilnya cukup baik, dan diharapkan ini menjadi bahan evaluasi guna pelayanan publik yang lebih baik kedepan,” kata Poputra, saat ditemui Barta1.com di ruang kerjanya, Kamis (23/1/2020).

Terpisah, Kabid Ekonomi dan SDA Ronald Pakasi SE menjelaskan, beragamnya unit layanan publik bahkan untuk memperoleh indeks pelayanan publik secara nasional guna keseragaman, maka dalam melakukan survei kepuasan masyarakat diperlukan metode survei yang seragam, sebagaimana mengacu pada peraturan MenPANRB Nomor 14 tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri PAN RB nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

“Metode survei ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, di mana data yang dihasilkan dari survei yang dilakukan berupa angka indeks kepuasan masyarakat dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif pada masing-masing unit pelayanan yang menjadi unit penelitian, serta dikelompokan menjadi tiga kelompok satuan pelayanan. Sehingga populasi dari survei ini adalah masyarakat pengguna pelayanan publik dan stakeholder terkait di Kabupaten Kepulauan Sitaro dengan responden masyarakat yang mengakses pelayanan publik itu sendiri,” jelas Pakasi.

Survei yang baru pertama dilakukan tersebut menurut dia, rencananya akan dilaksanakan setiap tahun dengan menggunakan responden atau sampel pada penelitian yang ditentukan oleh 630 orang atau 30 orang untuk setiap unit pelayanan publik, dengan juga sampel ditentukan atau didasarkan pada besarnya margin of error untuk setiap domain penelitian yaitu sebesar 0,1 sampai dengan 0,2.

“Teknik penarikan sampel yang dilakukan adalah secara non probability sampling di mana teknik tersebut dibedakan menjadi on the spot dan customer list. On the spot merupakan pemilihan responden sesuai kejadian di lapangan, sedangkan customer list merupakan pemilihan responden dengan menentukan jumlah responden terlebih dahulu kemudian memilih responden dengan pertimbangan tertentu. Teknik customer list digunakan jika sampel on the spot tidak memenuhi atau tidak tersedia,” tambah Pakasi.

Sementara itu, Kepala BPS Sitaro, Raymond Kodoati mengungkakan, unit pelayanan yang paling baik yakni Puskesmas Biaro nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 95.96. Dimana nilai tersebut menunjukkan bahwa masyarakat pengguna layanan di Puskesmas Biaro memiliki mutu pelayanan A+ dengan kinerja unit pelayanan amat sangat baik. “Standar Pelayanan dengan nilai 99,39, Petugas Pelayanan 93,41, Sarana Prasarana 95,09, sehingga mendapat tanggapan untuk kinerja unit pelayanan amat sangat baik.

“Kemudian diikuti Puskesmas Tagulandang dengan nilai IKM sebesar 93.97. Standar Pelayanan 95,84 , Petugas Pelayanan 93,89, Sarana Prasarana 92,18. Dan juga RSUD Tagulandang yang mendapat IKM 92,73, dengan Standar Pelayanan 91,89 Petugas Pelayanan 93,78 serta Sarana Prasarana 92,50. Survei ini diikuti 21 unit pelayanan yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Sitaro,” urai Kodoati.

UNIT PELAYANAN PUBLIK YANG TERPILIH SEBAGAI SAMPEL

Puskesmas Ondong
Puskesmas Ulu
Puskesmas Talawid
Puskesmas Balehumara
Puskesmas Biaro
RSUD Tagulandang
RSUD Sawang
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman
Dinas Pendidikan
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kecamatan Biaro
Kecamatan Tagulandang Selatan
Kecamatan Tagulandang
Kecamatan Tagulandang Utara
Kecamatan Siau Barat Selatan
Kecamatan Siau Timur Selatan
Kecamatan Siau Barat
Kecamatan Siau Tengah
Kecamatan Siau Timur
Kecamatan Siau Barat Utara.

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed