oleh

Joune Ganda Tinjau Lokasi Tulude Sulut

Manado, Barta1.com – Persiapan pesta adat Tulude Sulut yang dihelat PB Bamukisst bersama DPC Bamukisst Minahasa Utara di pelataran pelabuhan desa Munte Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara, terus dimatangkan panitia pelaksana (Panpel).

Ketua Umum panitia, Joune Ganda SE, mengatakan pihaknya sejak Senin (20/1) meninjau dua lokasi pelaksanaan acara, desa Munte dan desa Tiwoho.

“Sebab sebelum pelaksanaan pesta adat Tulude, kegiatan diawali dengan lomba Masamper khusus untuk Minahasa Utara,” kata Joune Ganda yang kini lebih sering disapa Pak JG tersebut.

Lebih lanjut JG mengatakan, untuk Lomba Masamper akan dilaksanakan dua hari sebelum pesta adat Tulude, yakni pada Kamis (6/2). Lomba Masamper ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Desa Tiwoho.

“Para tua-tua desa Tiwoho sangat mendukung dan berterima kasih Lomba Masamper digelar di desa mereka,” tambah Sekretaris Umum panitia, Alfeyn Gilingan.

Untuk pesta adat Tulude, urai Alfeyn yang juga Sekum PB Bamukisst, akan digelar Akbar sebab melibatkan seluruh warga Nusa Utara yang berdiaspora di Minahasa Utara. “Kemudian akan diundang juga tokoh dan warga Nusa Utara yang berdiaspora di Minahasa, Bitung, Tomohon, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan dan Bolaangmongondow Raya.

“Warga Nusa Utara dari luar Sulut juga akan diundang. Semoga semua persiapan berjalan lancar,” sambung Bendahara Umum panitia, Stenly S. Rahamis.

Panitia pelaksana memproyeksi, pesta adat Tulude kali ini akan dihadiri 10.000 orang. Selain warga Nusa Utara, kegiatan budaya ini akan disaksikan oleh ribuan turis manca negara.

“Kami ingin kegiatan ini sebagai bentuk dukungan ril dan konek dengan program pemerintah pusat yang akan membangun KEK Pariwisata Likupang,” tutup JG seraya meminta seluruh elemen panitia untuk terus bekerja keras mematangkan persiapan. (**)

Editor: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed