oleh

Legislator Rekom Sanksi Pengusaha yang tak Taat Bayar Pajak

-Berita, Polmas-1.320 views

Manado, Barta1.com — Legislator DPRD Manado gerah dengan perilaku sejumlah pelaku usaha yang tidak menaati aturan pajak. Para wakil rakyat menyerukan pemberlakuan sanksi pada pengusaha nakal agar ada efek jera.

“Harus dikasih sanksi pada yang tak taat bayar pajak, karena tak mengindahkan surat dari Bapenda,” kata Wakil Ketua Komisi III Hengky Kawalo saat tatap muka dengan jajaran Bapenda Manado di gedung rakyat Tikala, Senin (20/01/2020).

Politisi PDIP yang sudah 3 periode duduk di dewan itu menyebut, apalagi untuk restoran dan hotel yang sumbernya dari masyarakat yang makan dan nginap.

“Jadi ini sangat keterlaluan jika para pelaku usaha yang tidak membayar pajak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,” ujar Hengky. “Karena hasil Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) diambil dari para pelaku usaha dan dikelola langsung oleh dinas terkait dalam hal ini Bapenda,” tambahnya.

Kelakuan pengusaha tak taat pajak mencuat dalam hearing itu, lewat tuturan Kepala Bapenda Manado Harke VR Tulenan. Dia mengeluhkan minimnya respon positif dari sejumlah pelaku usaha yang dikirimi surat pemberitahuan berbentuk ketetapan kurang bayar pajak. Secara spesifik Harke menyebut para pelaku dari usaha berlatar restauran dan hotel.

“Banyak surat ketetapan kurang bayar pajak yang kami keluarkan untuk pelaku usaha,” sebut Harke di hadapan personil Komisi II.

Ketua Komisi II Arthur Rahasia meminta rekomendasi yang diberikan oleh DPRD dalam hearing tersebut dapat dilaksanakan oleh Bapenda.

“Agar hasil yang maksimal, demi suksesnya program Pemkot Manado di bawah kepemimpinan Walikota Manado dan Wakil Walikota,” ungkap politisi Nasdem ini. (*)

Peliput: Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed