oleh

KPU Sitaro Optimis Rekrutmen PPK Tuntas Sesuai Target

Sitaro, Barta1 — Setelah dibuka Sabtu (18/01/2020) akhir pekan lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sitaro optimis seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK akan banyak diminati pendaftar.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU SItaro, Arther N Tamaka, SiP MSi saat ditemui Barta1.Com di Kantor KPU, Senin (20/01/2020).

“Kami optimis akan banyak pendaftar,” tutur Tamaka.

Alasannya, sampai dengan pagi tadi sudah lebih dari 40 orang yang mengambil formulir pendaftaran, di luar formulir yang ada di kecamatan dan kampung/kelurahan.

“Untuk itu kami bisa pastikan perekrutan akan capai target di setiap kecamatan,” tukas Tamaka.

Bula dalam tahapan pendaftaran tidak mencapai target yang diharapkan, maka akan diperpanjang selama tiga hari setelah tanggal tahapan pendaftaran selesai.

“Jika dalam perpanjangan waktu selama tiga hari belum juga mencapai target, maka penyelenggara akan melakukan perekrutan melalui lembaga pendidikan, yakni sekolah atau universitas,” kata dia.

Terkait Rekrutmen PPK itu sendiri, Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro, SH menjelaskan, melalui sejumlah tahapan dan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemlihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota. Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

“Awalnya telah dilakukan pengumuman pendaftaran hingga telah dibuka pendaftaran sejak tanggal 18 Januari sampai dengan tanggal 24 Januari nanti. Setelah itu tahapan penelitian administrasi yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil penelitian administrasi. Sedangkan untuk tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020,” jelas Kaaro.

Sedangkan untuk Kabupaten Kepulauan Sitaro sendiri lanjut dia, akan merekrut sebanyak 50 orang anggota PPak untuk 10 kecamatan yang tersebar di daerah yang berjuluk 47 pulau itu. “Nantinya setiap kecamatan 5 orang anggota,” ujar dia. (*)

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed