oleh

Bamukisst Gelar Tulude Sulut pada 8 Februari

Minut, Barta1.com — Pesta adat Tulude tingkat Sulut yang diprakarsai PB Bamukisst bersama DPC Bamukisst Minahasa Utara, rencananya akan digelar Sabtu, 8 Februari 2020 di pelataran pelabuhan Munte, Likupang Barat, Minahasa Utara.

Rencana perhelatan budaya tahunan masyarakat Nusa Utara tersebut, disampaikan Sekretaris Umum PB BAMUKISST, Alfeyn Gilingan, Kamis (16/1).

“Ya, dijadwalkan begitu,” kata Alfeyn.

Dia menyebut lebih lanjut, panitia pelaksana untuk hajatan tersebut sudah terbentuk. PB Bamukisst mendaulat Joune Ganda sebagai Ketua Umum panitia pelaksana.

“Suatu kebanggaan bahwa Pak Joune Ganda bersedia menjadi pelaksana acara besar berlatar budaya Sangihe Talaud seperti ini,” kata Alfeyn.

Untuk tahap persiapan, panitia pelaksana sudah mulai bekerja. Kamis (16/2) siang panitia sudah melakukan pertemuan di vila Telaga Rae, kediaman Joune Ganda. Rapat persiapan panitia dipimpin langsung oleh Joune Ganda. Turut dihadiri Denny Lolong, Ketua DPRD Minahasa Utara yang didaulat sebagai pelindung dalam kepanitiaan.

Sebelum pelaksanaan pesta adat Tulude, akan diawali dengan kegiatan seni budaya.

“Rencana kami akan digelar festival Masamper, tetapi lokasinya di Desa Tiwoho, Kecamatan Wori,” jelasnya seraya melanjutkan, untuk festival masamper akan digelar Kamis (6/2).

Tatkala didaulat memimpin kepanitiaan, Joune Ganda menyampaikan terima kasih kepada Bamukisst dan warga Nusa Utara telah dipercaya menjadi ketua umum penyelenggara kegiatan seni budaya dan pesta adat Tulude.

“Saya bangga warga etnis Sangihe Talaud khususnya di Minut yang tetap setia menjaga kekayaan seni budaya. Mari kita jaga dan kembangkan bersama-sama,” sebut Alfeyn mengutip ucapan Joune beberapa saat sebelum rapat panitia diakhiri.

Menurut Alfeyn, Joune sebetulnya memiliki ikatan sosiokultur yang kuat dengan warga Nusa Utara. Dalam segenap giat sosial masyarakat Sangihe Talaud di Jakarta dan sekitarnya, Joune Ganda senantiasa turut serta dan menjadi bagian dari komunitas Nusa Utara. (**)

Editor: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed