oleh

Teka-teki Calon Gubernur Sulut dari Partai Nasdem

-Berita, Polmas-10.633 views

Manado, Barta1.com — Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi pusat perhatian karena membangun kekuatan besar untuk menghadapi PDIP di arena Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara. Parpol berwarna khas biru navy ini menghimpun sejumlah tokoh populis sebagai bakal calon ketika pendaftaran 2019 lalu.

Bila dirunut, Nasdem telah menerima Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Bupati Minut Vonny Anneke Panambunan, Bupati Minsel Eugenia Christiany Paruntu hingga Bupati Talaud terpilih —kendati tak kunjung dilantik— Elly Engelbert Lasut, sebagai pendaftar bakal calon gubernur.

Baca juga: Nasdem Koleksi Daftar Pesaing Terberat PDIP

Tak kurang itu, ada juga Bupati Bolsel Sehan Salim Landjar, mantan Sekprov Sulut Siswa Rachmat Mokodongan yang mendaftar bakal calon wakil gubernur. Bahkan pernah beredar daftar 37 nama yang diberikan surat pemberitahuan dari partai untuk bisa hadir mendaftarkan dirinya, antara lain Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Carlo Tewu, Benny Mamoto, Rektor Unsrat Ellen Kumaat, pengusaha perempuan Angelica Tengker hingga Walikota Kotamobagu Tatong Bara dan Aryanthi Baramuli.

Namun hingga awal Januari 2020 belum ada kepastian siapa pasangan yang akan diusung. Apalagi bila menghitung Pilgub terselenggara September artinya masih banyak waktu untuk partai menyeleksi kandidat terbaik.

Baca juga: 3 Calon Wagub Untuk Olly yang Bisa Meredam Elly Lasut

Hanya saja teki-teki siapa salah satu bakal calon berkompeten sedikitnya terkuak saat Koordinator Wilayah Sulawesi DPP Nasdem Felly Estrelita Runtuwene berbicara pada Barta1 Sabtu (11/01/2020) malam.

“Tentunya SVR sangat layak untuk calon gubernur, mekanisme partai sudah dijalankan,” kata Felly merujuk sosok Stefanus Vreeke Runtu.

Akhir tahun lalu dia turut mendaftar sebagai bakal calon gubernur di Nasdem. Vreeke adalah politisi yang kenyang pengalaman. Dia pernah menjabat Bupati Minahasa 2 periode dan bersamaan itu juga mengetuai Partai Golkar Sulut.

Baca juga: Koalisi Golkar-Nasdem di Pilgub Sulut 2020?

“Yang pasti keputusan soal siapa itu ada di DPP Nasdem,” tandas Felly.

Sabtu malam itu SVR kepergok tengah melakukan pertemuan dengan Felly. Pantauan Barta1, dua politisi ini berbicara intens dan serius di salah satu resto di Manado.

Baca juga: Vreeke Runtu, ‘Matahari’ Lain di Tubuh Beringin Sulut

“Pertemuan ini penugasan partai, kami banyak bicara soal Pilkada yang berkualitas di Sulawesi Utara,” kata Felly tentang temunya dengan SVR.

Senada Vreeke menjelaskan inti pertemuan adalah membahasa Pilkada patut menjadi ajang demokrasi yang berkualitas. Soal apakah akan menerima SK calon gubernur dari Nasdem?

Baca juga: Mengingat Kader Beringin yang Pernah Mengalahkan PDIP di Pilkada

“Kita lihat saja nanti, Partai Nasdem pasti mempersiapkan mana yang baik di antara yang terbaik,” ujar Vreeke sambil tersenyum. (*)

Peliput: Albert P. Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed