oleh

Pemkab Sangihe Jamin Pemulihan Dokumen Warga yang Hilang Saat Bencana

Sangihe, Barta1.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengatakan pemerintah akan fasilitasi masyarakat yang dokumen-dokumennya hilang saat bencana beberapa hari lalu.

Dikatakan dirinya akan memerintahkan dinas terkait untuk memudahkan korban bencana saat melakukan pengurusan dokumen yang diantaranya berupa KTP, akta kelahiran, dan ijazah.

“Dokumen yang hilang saat bencana itu akan menjadi tanggung jawab pemerintah. Seperti pengurusan Ijazah, silahkan hubungi Dinas Pendidikan. Demikian juga KTP yang berhubungan dengan Dukcapil, dan itu semua akan difasilitasi,” ujar Gaghana, Selasa (7/1/2020) saat dihuhungi lewat telpon.

Hal demikian juga disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sangihe, Rivo Pudihang. Ia mengatakan bahwa benar, musibah ini kiranya dirasakan bagi semua instansi yang ada.

“Ini perlu, dan sudah ditekankan oleh Kepala BNPB untuk mengatasi ini harus secara bersama, bukan hanya milik BNPB, ketika misalnya ada akte yang hilang atau rusak itu berarti dia harus ke instansi terkait untuk melakukan pemutahiran data. Tapi pemerintah daerah tentu telah memfasilitasi hal ini,” Kata Pudihang.

Peliput: Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed