oleh

Maju di Pilkada Sulut: Dari Birokrat Hingga Pengusaha Perempuan

-Berita, Daerah-1.061 views

Manado, Barta1.com — Figur-figur yang maju mengikuti Pilkada serantak tahun 2020 depan di Sulut muncul dari berbagai latar belakang. Setelah tokoh-tokoh politik, ada juga mantan birokrat, tokoh muslim hingga perempuan pengusaha.

Siswa Rachmat Mokodongan (SRM) mengambil kesempatan mendaftar di Sekretariat DPW Nasdem Sulut pada Senin 9 Desember 2019. Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara ini datang didampingi istri, saudara kandung dan tokoh-tokoh dari Bolmong Raya. Dirinya disambut tim penjaringan Nasdem, Victor Mailangkay, Edwin Assa, Nicko Tampi dan Stenly F Mewengkang.

“Saya dari BMR, tetapi jika berbicara kesejahtraan tidak ada namanya golongan apa pun, semuanya secara merata untuk kesejahtraan masyarakat semata,” kata SRM.

Mokodongan adalah mantan birokrat sarat pengalaman. Dia mengklaim 5 periode menjabat Sekprov, dimulai dari masa kepemimpinan Gubernur Sinyo Harry Sarundajang. Mokodongan juga dikenal sebagai pejabat bersih, karena selama 33 tahun bertugas dia tak pernah terganjal kasus.

Selasa (10/12/2019) siang giliran sosok perempuan bernama Novy Sumolang mendatangi Sekretariat DPD Nasdem Kota Manado. Dia berlatar pengusaha dan Ketua Garnita Sulawesi Utara, serta mengincar posisi calon kepala daerah dan siap dipasangkan dengan siapa saja yang ditunjuk partai..

“Saya ingin bangun Kota Manado baik dalam bidang pendidikan, kesehatan dan infastruktur,” kata Sofy di hadapan Tim penjaringan yang menyambutnya; Rofyeta Kader, Arthur Paat, Samuel H Korneles, Stevy Towoliu, Hizkia Ticoalu dan Herman Sugandhi.

Juga di hari yang sama DPW Nasdem Sulut menerima kehadiran Walikota Manado GS Vicky Lumentut. Vicky dikawal banyak simpatisan, berniat mencalonkan diri sebagai gubernur.

“Untuk kedua kalinya Kota Manado terbaik kedua di dunia terkait keterbukaan publik dan mendapatkan penghargaan perunggu terkait sifat kedaruratan. Bukan itu saja, pengangguran di Kota Manado sangat rendah sehingga ini perlu dikembangkan di provinsi,” ulas ketua Nasdem Manado itu mengumbar kesuksesannya menjabat pemimpin 2 periode di ibukota Sulut.

Bila dipilih rakyat jadi Gubernur Sulut? “Saya akan memperhatikan pendidikan, kesehatan, income dan ketenagakerjaan untuk mengurangi kemiskinan,” cetus dia.

Selain Nasdem, pendaftaran calon kepala daerah Kota Manado yang dihelat Partai Amanat Nasional (PAN) turut menerima kehadiran mantan Caleg DPR RI dr Makmun Djaafara pada Senin 9 Desember 2019.

“Terlebih dahulu saya memohon izin kepada istri saya, Alhamdulilah pukul 11.30 Wita saya direstui untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon wakil walikota Manado,” ujarnya di hadapan tim penjaringan PAN. (*)

Peliput: Albert P Nalang, Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed