oleh

Berniat Kabur ke Jakarta, 2 Tersangka Kasus Lampu Hias Dibekuk

-Berita, Daerah-3.042 views

Talaud, Barta1.com — Kejaksan Negeri (Kejari) Kepulauan Talaud berhasil membekuk 2 tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan lampu hias tahun anggaran 2014 pada Dinas Pertamanan Kebersihan dan Pasar Kabupaten Kepulauan Talaud dengan anggaran sekitar Rp 1,4 miliar.

Setelah dilakukan penyelidikan terkait kasus ini, akhirnya Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud menetapkan dua tersangka Kedua tersangka masing-masing LG dan YS diketahui sebagai kontraktor, ditangkap di Bandara Sam Ratulangi Manado saat akan berangkat ke Jakarta.

“Kedua tersangka adalah kontraktor dalam proyek pengadaan lampu hias yang dikerjakan Oleh CV Mega Cipta untuk tahun anggaran 2014,” ungkap Kajari Kepulauan Talaud, Agustiawan Umar, Minggu (08/12/2019).

Sebelumnya, tim dari Kejari Kepulauan Talaud mendapat informasi bahwa kedua tersangka akan meninggalkan Manado menuju Jakarta pada Minggu pagi dengan menggunakan pesawat terbang.

Berdasarkan informasi ini, tim yang dipimpin Kasi Pidsus Kejari Kepulauan Talaud Eliston Hasugian ini, melakukan pengintaian sejak Sabtu (07/12/2019) sekitar pukul 21.00 Wita untuk mengetahui dan memastikan keberadaan kedua tersangka. Penyidik kemudian berkoordinasi dengan pihak Bandara guna mencari nama keduanya dalam manifest penumpang dari semua maskapai penerbangan dengan tujuan Jakarta. Tak lupa menyebarkan foto pada keamanan bandara untuk mencegah adanya manipulasi identitas kedua tersangka tersebut.

Selang beberapa saat kemudian, kedua tersangka terlihat. Dengan bantuan pihak keamanan bandara, tim langsung melakukan penangkapan dan dibawa ke Polsek kawasan bandara untuk diamankan.

Dari data yang diperoleh, dalam daftar manifest penumpang, identitas kedua tersangka tidak ditemukan karena memiliki 2 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan identitas yang berbeda.

“Setelah dilakukan pengintaian terhadap kedua tersangka selama beberapa hari, langsung dilakukan penangkapan yang dipimpin Kasipidsus Kejari Kepulauan Talaud Eliston Hasugian yang bekerja sama dengan pihak kepolisian bandara Sam Ratulangi dan langsung diterbangkan ke bandara Melonguane untuk segera diproses,” terang Kajari.

“Kedua tersangka kami tangkap di Bandara Sam ratulangi Manado pada Minggu 8 Desember Sekitar pukul 06.10 Wita saat hendak melarikan diri keluar daerah dengan tujuan Manado-Jakarta,” jelas Kajari.

“Untuk saat ini kedua tersangka masih di periksa di Kantor Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud dan kemungkinan masih ada tersangka lain yang ikut terlibat terkait kasus tersebut,” tutup Kajari. (*)

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed