oleh

Bartagrafis: Bursa Calon Walikota dan Bupati se-Sulut di Pilkada 2020

-Berita, Polmas-4.552 views

Jimmy Rimba Rogi pernah jadi Walikota Manado periode 2005-2010. Sementara Harley Mangindaan adalah Wakil Walikota periode 2010-2015. Ada juga Telly Tjanggulung, pernah memimpin Kabupaten Minahasa Tenggara selang 2008-2013.

Ketiga figur adalah para mantan kepala daerah yang saat ini namanya lagi beredar dalam bursa pencalonan Walikota Manado yang akan berhelat 2020 depan. Imba, Harley dan Telly sudah melakukan langkah awalnya dengan mendaftar di partai politik.

Sebagai mantan kepala daerah, bisa dibilang tiga tokoh ini punya pengalaman dan jam terbang lebih baik dibanding sosok lain yang akan ikut dalam suksesi kepala daerah Manado tahun depan. Bahkan 2 di antaranya, Imba dan Harley, tak hanya bekal pengalaman tapi juga basis massa yang jelas di belakang mereka.

“Ternyata biar so mantan narapidana, akan tetapi rakyat masih mencintai saya untuk maju sebagai Walikota Manado,” tegas Imba saat mendaftar sebagai calon walikota di Sekretariat DPD II Golkar Manado, 14 November 2019.

Sebelum mencapai paripurna tugas di masa kepemimpinannya lalu, Imba telah tersandung kasus hukum pada 2008. Masalah ini juga yang menjegal dia maju dalam pencalonan walikota Manado 5 tahun silam. Namun peraturan pelaksana Pemilu yang baru-baru diterbitkan mengisyaratkan status Imba sebagai mantan narapidana korupsi kini aman. Negara memilih mengedepankan hak politik mereka.

Harley juga memilih mendaftar di Golkar, kendati dia disebut-sebut akan menjadi calon tunggal yang diusung Partai Demokrat. Sementara Telly, mengajukan pendaftaran di Partai Nasdem.

Selain Golkar dan Nasdem, ada juga Gerindra dan terakhir, PDIP, yang telah membuka pendaftaran untuk bakal kandidat Walikota dan Wakil serta Bupati dan Wakil yang bakal bertarung di Pilkada 2020. Berbeda dengan parpol lain, PDIP melakukan proses pendaftaran tertutup dan serentak di 1 lokasi; Sekretariat dewan pimpinan daerah di Maumbi Minahasa Utara pada Sabtu (07/12/2019).

“Partai lain terbuka untuk umum bagi bakal calon kepala daerah, tetapi bagi kami PDIP itu tidak seperti itu. PDIP tidak terbuka secara umum tetapi kami mengundang para calon yang sudah dibahas pada rapat pleno DPD dan DPC,” ujar pengurus PDIP Steven Kandouw, yang juga saat ini menjabat Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Lantas siapa saja figur yang telah mendaftar di parpol dan akan berebut posisi calon walikota, wakil walikota, bupati dan wakil bupati di Manado, Bitung, Tomohon, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Minahasa Selatan dan Minahasa Utara? Berikut daftarnya.

Peliput: Albert P Nalang, Meikel Pontolondo
Editor: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed