oleh

Persiapan Seadanya, Sulut Kalahkan Gorontalo di Kualifikasi Sepakbola Pra PON

Manado, Barta1.com – Diluar dugaan tim sepakbola Sulawesi Utara berhasil mengalahkan Gorontalo 1-0 dalam laga kualifikasi Pra PON Wilayah V di Stadion Klabat Manado, Kamis (5/12/2019).

Padahal, tim Gorontalo cukup lama menyiapkan tim yakni hampir 8 bulan. Sedangkan Sulut sendiri dengan tim apa adanya hanya latihan tak kurang dari dua minggu. Gol semata wayang dicetak eks Sulut United, Renaldy Bella di menit 16.

Tak hanya itu, cukup banyak kendala teknis yang dialami tim. Malam sebelum pertandingan, ternyata baru 8 pemain yang terdaftar dan hingga beberapa menit sebelum laga berlangsung akhirnya hanya 14 pemain masuk daftar pemain. Termasuk libero andalan Sulut asal Bitung, Charles Dolelambung yang gagal bermain. Itu lebih disebabkan karena administrasi pemain yang belum lengkap. “Kami akui kami kurang persiapan,” ujar Manajer sepakbola Sulut, Harley Ai Mangindaan, saat konferensi pers usai pertandingan.

Pun sejumlah pemain yang tak bisa bergabung dengan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Bitung. “Kendala-kendala itu akan kami sampaikan ke PSSI agar iven seperti ini jangan bertabrakan dengan pertandingan lain. Pra PON kan iven nasional, masakan harus kalah dengan Porprov,” ujar mantan Wakil Wali Kota Manado ini.

Kapten Tim Sulut, Billy Agouw, mengaku senang dengan kemenangan yang diraih. “Kami sekarang fokus ke pertandingan selanjutnya melawan Sulawesi Tengah,” kata kiper Persidago Gorontalo ini.

Manajer Tim Gorontalo, Isa Lawani kecewa dengan kepemimpinan wasit. “Soal kekalahan ya kami akui itu. Meskipun 2×45 menit kami menguasai tapi Sulut yang menang. Begitulah sepakbola. Tapi kami mencurigai ada permainan oknum tertentu sehingga tim kami sering dirugikan wasit,” beber mantan wasit 42 tahun memimpin pertandingan sepakbola di Sulut ini.

Jalannya Pertandingan

Sejak laga yang dipimpin wasit asal Gowa, Sulawesi Selatan, Aris Papuling berjalan menarik. Sulut sempat menguasai pertandingan di lima menit awal. Serangan yang dibangun melalui kaki Daud Kotulus diteruskan kepada striker tunggal Yohanis Manarisip namun bola masih bisa digagalkan pemain belakang Gorontalo.

Daud yang membela Borneo FC ini, satu dari tiga pemain profesional memperkuat tim kebanggan Nyiur Melambai. Pemain bernomor punggung 6 ini tampil piawai dan memainkan perannya dengan baik sebagai jangkar tim.

Gorontalo yang bermain cepat mengempur pertahanan tim Sulut dari dua sayap mereka. Sedangkan Sulut sendiri hanya mengandalkan serangan balik yang cepat dari Renaldy Bella dan Maulana Mugama.

Sulut akhirnya mencetak gol pada menit 16. Berawal dari pelanggaran di luar kotak penalti samping kiri pertahanan Gorontalo. Bola mati dieksekusi dengan sempurna Renaldy Bella dengan menembak di samping kanan gawang. Gol cantik itu disambut dengan sorak-sorai ratusan pendukung Sulut. Bahkan hingga babak pertama berakhir skor 1-0 bagi keunggulan tuan rumah.

Paruh kedua, Gorontalo mengambil inisiatif penyerangan. Serangan bergelombang dengan mengandalalkan operan satu dua terus menusuk ke jantung pertahanan Sulut. Sayang tumpulnya striker Gorontalo sehingga banyak bola mental di tangan kiper Billy yang sore itu tampil luar biasa.

Sulut pun melalui serangan balik memiliki beberapa peluang. Termasuk Yohanes Manarisip yang tinggal berhadapan dengan kiper, sayang bola melambung di atas mistar gawang. Peluit wasit berbunyi babak kedua berakhir skor tidak berubah untuk keunggulan Sulut.

Sesuai jadwal pada Sabtu (7/12/2019) akan saling bertemu Gorontalo vs Sulteng. Sedangkan pertandingan terakhir terjadi duel seru Sulut vs Sulteng.

DAFTAR PEMAIN:

SULUT: Billy Agouw (kiper/C), Chalafar Rasidin/Muhamad Saiful Hippy, Chesa Filippo Mamahit, Claudio Oba, Muhamad Ibnu Batutah, Alpian Larenaung, Brayen Pondaag, Daud Kotulus, Maulana Mugama/Shahrul Ramadan, Renaldy Bella/Ferrel Ramoh, Yohanes Manarisip

GORONTALO: Asmat Pomili (kiper), Andi Hasan, Arief Paneo, Fahmid Polutu, Frans Ahmad, Ismet Tahir (C), Muhamda Butolo, Iskandar Duapu, Ismundar Monoarfa, Ismail Adam, Wahyounal Rizki Biya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed