oleh

Selain Soal Tata Cara Ibadah, Ini Pesan Bupati Sitaro Untuk GMIST

Sitaro, Barta1.com – Dalam pembukaan Sidang Sinode VI Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST), Selasa (3/12/2019) kemarin Bupati Sitaro Evangelian Sasingen berkesempatan membawakan sambutan pemerintah daerah, dan dikesempatan itu sedikitnya ada sejumlah titipan atau pesan untuk GMIST agar dapat dibahas dalam agenda tahunan tersebut.

Dimana tatacara ibadah menjadi awal pesan yang dititipkan bupati perempuan pertama di Sitaro itu, menurutnya perlu ada perubahan dalam tatacara ibadah. “Saat ini pola atau tatacara ibadah masih seperti kebiasaan orang tua dulu, sebab perlu dipahami dari anak-anak muda saat ini adalah ingin beribadah sesuai karakter mereka,” tutur Sasingen.

Selain tatacara ibadah, dirinya juga menitipkan pesan agar dapat dibahas dalam sidang tahunan tersebut yakni soal persembahan dimana menurutnya ada gereja yang menetapkan pundi hingga 7 (tujuh). “Sebenarnya inti dari persembahan adalah kwalitet bukan jumlah pundi. Kalau pundi itu banyak maka persembahan akan dibagi uangnya, tapi pundi dibatasi maka sudah pasti mereka akan memberikan yang terbaik,” kata Sasingen.

Bahkan lanjut Sasingen, ada warga masyarakat sempat berbincang dengannya dimana ada kegiatan ibadah hingga 3 kali kegiatan ibadah dalam seminggu. “Kita bayangkan kalau ada 5 anggota keluarga dalam rumah, maka ini bisa jadi hitung-hitungan. Jadi saya berharap ini bisa dipertimbangkan nanti,” harap dia.

Suami anggota DPRD Sulut, DR Toni Supit SE MM itu juga menitipkan pesan agar pemerintah dan gereja dapat bekerja sama juga dalam hal penanganan tingkat perceraian serta jemaat yang tinggal seatap sebagai suami istri tapi belum dalam ikatan pernikahan. “Ini banyak dikalangan jemaat khususnya gereja kita,” sorot Sasingen.

Dan terakhir dirinya mengajak seluruh warga masyarakat yang ada di dalam aras pelayanan GMIST untuk berbenah diri terutama dalam menyambut Natal dan Tahun Baru tidak mengkonsumsi minuman keras. “Peringatilah Natal dan Tahun Baru dengan kesederhanaan. Ini yang menjadi titipan saya agar dapat dibahas dalam sidang,” himbau dia.

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed