oleh

Tatahadeng Redspur FC, Klub Sepakbola Peduli Mitigasi Bencana Gunung Karangetang

Sitaro, Barta1.com – Meski berkecimpung dalam bidang olahraga khususnya sepak bola, tim Persatuan Sepak Bola Tatahadeng yakni Tatahadeng Redspur FC menggagas sosialisasi tentang mitigasi bencana erupsi Gunung Api (Gapi) Karangetang.

Kegiatan yang berlokasi di Ballroom Hotel Jakarta, Ulu Siau, Jumat (29/11/2019) ini, mengangkat tema Peran Masyarakat Dalam Meminimalisir Potensi Bencana Erupsi Gapi Karangetang dengan peserta perangkat kelurahan dari tingkat RT/RW, utusan jemaat, warga masyarakat dan tim sepak bola Tatahadeng Redspur FC.

Lurah Tatahadeng, Riki Ronald SE yang juga selaku penanggungjawab Tatahadeng Redspur FC mengapresiasi pengurus dan juga tim sepak bola yang memiliki kepeduliaan terhadap mitigasi bencana.

“Ini sangat sepadan dengan kondisi wilayah Kelurahan Tatahadeng yang berada kawasan rawan bencana. Dan perlu adanya kegiatan seperti ini, dan Tatahadeng Redspur FC telah turut serta dalam mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan bencana,” kata lurah.

Dia berharap kegiatan serupa dapat menjadi contoh oleh organisasi-organisasi lain di Kelurahan Tatahadeng, dan juga diharapkan Tatahadeng Redspur FC ini dapat menjadi organisasi yang mandiri. “Artinya dapat terus menciptakan hal-hal yang positif dalam berbagai bidang tidak hanya dalam bidang olahraga khususnya sepakbola,” harap dia.

Sementara itu hadir sebagai pemateri selain dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, juga dari petugas Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang yakni Didi Wahyudi. “Kegiatan ini sangat positif, dan diberbagai kesempatan informasi tentang kondisi gunung api Karangetang memang perlu diketahui masyarakat terutama terkait mitigasi bencana,” tutur Wahyudi.

Terpisah, pengurus Tatahadeng Redspur, Michael Adam SS menguraikan kesimpulan dan rekomendasi dari hasil sosialisasi diantaranya merekomendasikan kegiatan serupa untuk dibuat secara rutin, konsisten dan lebih luas menjangkau semua elemen masyarakat agar ada pemahaman dan pengetahuan yang lebih tentang mitigasi bencana erupsi Gapi Karangetang.

“Selain itu merekomendasikan pembangunan jalur atau jalan evakuasi di tiap lingkungan dan RT melalui Musrenbang kelurahan,” urai Adam.

“Merekomendasikan para peserta sosialisasi dan organisasi penyelenggara (Tatahadeng Redspur FC) sebagai relawan bencana yang setiap saat dapat menginformasikan pengetahuannya tentang mitigasi bencana untuk meminimalisir potensi bahaya erupsi yang terjadi sewaktu-waktu sehingga dapat membantu pemerintah dalam penanganan bencana mulai dari pra bencana, saat bencana, maupun pasca bencana,” jelas dia.

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed