oleh

Pentingnya Peran dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Talaud, Barta1.com – Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilakan pemerintahan yang demokratis serta menjadi tonggak tegaknya demokrasi, di mana rakyat secara langsung terlibat aktif dalam menentukan arah dan kebijakan politik negara untuk lima tahun ke depan, sehingga diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga kwalitas pemilu.

Untuk menunjukan kwalitas pemilu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Talaud, Aripatria Pandesingka mengatakan, peran masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu sangatlah penting.

“Peran masyarakat sangatlah penting karena menjadi barometer pemilu yang berintegritas dan pemilu yang adil,” ujar Pandesingka saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/11/2019).

Pandesingka menambahkan, partisipasi masyarakat tidak hanya berbicara kuantitas, tetapi harus dibarengi dengan kualitas yang baik. Dengan demikian, masyarakat menjadi lebih dewasa dalam berdemokrasi dan sadar akan pentingnya suara mereka untuk menentukan nasib bangsa dalam lima tahun kedepan.

“Kenapa peran masyarakat itu sangat penting? Karena tanpa keterlibatan dan partisipasi masyarakat, maka pemilu tidak memiliki makna,” tegas Pandesingka.

Pandesingka juga berharap, masyarakat tidak hanya memberikan hak suaranya di saat Pemilu berlangsung. Tetapi mengawal penyelenggaraan pemilu, seperti yang tertuanhg dalam Undang– Undang Nomor 7 Tahun 2017 menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu.

Tak hanya itu, ia juga menekankan, pemilu bukanlah tanggungjawab KPU semata,tetapi tanggungjawab kita bersama terutama dalam menciptakan suasana damai dan kondusif.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bisa terlibat dahn berperan dalam pelaksanaan pemilu, KPU Kabupaten Kepulauan Talaud terus menggelar sosialisasi tentang pentingnya keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pemilu kepada seluruh komponen masyarakat. (*)

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed