oleh

Karakter Siswa Berwawasan Lingkungan Diterapkan di Talaud

Talaud, Barta1.com – Diawali menanam pohon di halaman sekolah, pola baru dalam dunia pendidikan yaitu mendekatkan diri para peserta didik dengan lingkungan sekitar diterapkan SMK Negeri 1 Talaud.

Sebelumnya, ini merupakan topik yang diangkat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sri Ratna Pasiak SPd MPd dalam pemaparan materi seminar ketika mengikuti latihan kepemimpinan tingkat 3 Pemprov Sulut di Yogyakarta beberapa pekan lalu.

Tema yang diangkat dalam seminar tersebut yaitu ‘Terdidik di Sekolah Berlian Porodisa’ yang merupakan sebuah akronim dari karakter peserta didik di sekolah dengan berwawasan lingkungan dengan pohon rindang serta pengolahan sampah oleh siswa merupakan satu cara untuk menambah semangat belajar para peserta didik bisa mendekatkan diri dengan alam agar lebih mencintai alam di sekitarnya.

Sri Ratna Pasiak megatakan, generasi muda khususnya peserta didik harus diajarkan untuk mendekatkan diri serta mencintai alam.

“Menanam, menjaga, merawat dan memelihara pohon merupakan salah satu cara menedekatkan diri dengan alam sekitar. Kedepannya, ketika pohon itu telah tumbuh dan rindang. Maka di situlah para peserta didik akan merasa sejuk dan nyaman untuk belajar. Apalagi dalam menerapkan karakter peserta didik di sekolah dengan berwawasan lingkungan dengan pohon rindang,” ujar Pasiak, Sabtu (16/11/2019).

Dia juga berharap, generasi ke depan tidak hanya pintar secara kognitif tetapi memiliki karakter yang baik dan layak dicontoh. Apalagi dari 18 (delapan belas) nilai karakter yang sudah dicanangkan untuk diimplementasikan satuan pendidikan, salah satunya adalah peduli lingkungan.

Pelaksana Tugas Bupati Talaud, Ir Adolf Binilang ME mengapresiasi gebrakan tersebut. “Semakin banyak pohon, maka semakin banyak karbondioksida yang diserap oleh permukaan daun dan menghasilkan oksigen. Semakin banyak oksigen, maka udara semakin sejuk dan baik untuk kesehatan,” kata Binilang saat memberi sambutan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena siswa akan merasa nyaman serta minat belajarnya akan meningkat ketika udara di lingkungan sekolanya sejuk,” tutur Binilang.

Tak hanya itu, dia menginstruksikan Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra bersama Kepala Dinas Kesehatan untuk membuat surat edaran tentang kegiatan serupa ke sekolah-sekolah dan semua Puskesmas yang ada.

“Saya kira ini merupakan hal yang luar biasa. Dan nanti hari Senin depan kita buat surat edaran ke sekolah-sekolah, mulai dari TK sampai SMA/ SMK di Talaud untuk wajib melakukan pola ini, termasuk juga di semua puskesmas,” ungkap Binilang.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Talaud, Johnson Talumedun MPd dalam laporannya menyampaikan lewat penanaman pohon ini akan mendukung kerindangan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar di sekolah, karena sekolah tersebut memiliki tempat yang asri.

“Di tengah-tengah kesibukan kami. Kami di SMKN 1 Talaud berkomitmen bersama, mulai dari saya selaku pimpinan, guru-guru, pengurus komite, orang tua dan stakeholder yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan pembelajaran di sekolah ini dengan pola sekolah berwawasan lingkungan, menciptakan sekolah yang asri dan rindang, dan bahkan siap menyukseskan program pemerintah,” tukas Talumedun.

Penanaman pohon yang dilaksanakan Sabtu pagi itu turut dihadiri Plt Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Isak Tamaroba, Kepala BPLH Yety Megansa, Camat Melonguane Oni Maliatja, Kapolsek Melonguane Ipda Dedi Matahari, Danramil 1312-08/Melonguane Lettu Inf Rudolf Maariwuth, Kadis Kesehatan Kerry Monangin, guru dan ratusan peserta didik, orang tua siswa, pengurus komite sekolah dan undangan lainnya.

Peliput: Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed