oleh

Cara SDH Manado Lestarikan Budaya Indonesia dan Para Pemenang

Manado, Barta1.com – Sekolah Dian Harapan (SDH) Manado punya cara sendiri dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Yakni dengan menggelar Pekan Nusantara di Atrium Mantos 3 Manado, Jumat-Sabtu (8-9/11/2019).

Pekan Nusantara merupakan ajang tahunan SDH Manado ini terlihat meriah dan berlangsung sukses dihadiri ratusan siswa-siswi SD, SMP dan SMA di Sulut.

Kepsek Dian Harapan Manado, Clerie MN Repi SSi MPd menyampaikan Pekan Nusantara SDH Manado 2019 mengangkat tema Kisah Kasih di Nusantara. Yang bertujuan bersama-sama mempertahankan dan melestarikan serta merayakan keberagaman budaya Indonesia yang Tuhan telah anugerahkan.

“Pekan Nusantara menumbuhkan identitas dan budaya bangsa Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya saat pembukaan.

Clerie mengatakan ajang ini menjadi momen generasi muda menyalurkan minat dan bakat untuk melestarikan warisan sejarah dan budaya Bangsa Indonesia untuk berkomitmen dan berkontribusi sebagai generasi emas yang berbudaya dan berlandaskan Pancasila. “Para generasi muda selain memiliki talenta yang bagus, juga bisa mencintai budaya sendiri,” katanya.

Ketua Panitia, Rima Utami menambahkan kegiatan Pekan Nusantara 2019 kali ini dibagi dalam dua kegiatan yaitu lomba untuk internal dan eksternal dengan melombakan band akustik, tari kreasi dan lainnya.

“Kami juga buka lomba eksternal atau di luar SDH yaitu lomba band akustik yang diikuti SMAN 7 Manado, SMP Eben Haezer 2 Manado, SLH Tomohon. Tari kreasi baru diikuti SMA Santa Theresia Manado, SMP Eben Haezer I Manado, SMAN 3 Manado, dan SMP Hang Tuah Manado,” ungkap dia.

Kegiatan Pekan Nusantara setiap tahun dilaksanakan dan pada tahun 2019 ini adalah tahun yang ke-3. “Yang beda adalah tahun sebelumnya kami laksanakan di sekolah. Namun tahun 2019 ini baru dilaksanakan di luar sekolah,” imbuhnya.

HASIL LENGKAP LOMBA EKSTERNAL

Tari Kreasi

  1. SMA Negeri 3 Manado
  2. SMP Katolik ST Theresia
  3. SMP Eben Haezer 1 Manado

Band Akustik

  1. SMA Lentera Tomohon
  2. Smp Kr Eben Haezer 2 Manado
  3. SMA Negeri 7 Manado

HASIL LENGKAP LOMBA INTERNAL
Tari Tradisional

  1. Kelas 9B (Tari Sajojo Papua)
  2. Kelas 8A (Tari Topeng Betawi)
  3. Kelas 7C (Tari Ratoh Jaroe Aceh)

Drama Musikal

  1. 11 MIA A (Bandung Lautan Api)
  2. 12 IPS (Pergerakan Nasional)
  3. 11 MIA B (Sumpah Pemuda)

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed