oleh

Lima Karya Terbaik di Pelatihan Jurnalistik SMAN 7 Manado

Manado, Barta1.com – Ada hal menarik dalam pelatihan jurnalistik yang digelar Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS) di SMA Negeri 7 Manado. Selain 35 siswa peserta pelatihan dibekali dengan teori terkait pers dan jurnalistik, lalu bagaimana cara menangkal hoax, apa itu reportase dan wawancara, dibagian akhir mereka praktek menulis berita.

Alhasil, lima karya jurnalistik berhasil dibuat para siswa yang mayoritas baru kali pertama mendapat materi jurnalistik. Lima karya tersebut adalah Lowing: XII MIPA 5 Memenangkan Lomba Debat Pks Sman 7 Manado, Ini Hasil Final Lomba Basket di SMA Negeri 7 Manado, Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri 7 Manado, lalu SMA 7 Manado Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Tim Voli Putri Kelas XI IPA Tampil Sebagai Juara.

Pelatihan yang bertema: Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Workshop Jurnalistik Siswa, dibuka Kepala SMAN 7 Manado, Grace Lowing didampingi Ketua JPS Julkifly Madina dan Sekretaris Fely Taung.

Lowing mengatakan kegiatan workshop ini sangat penting diikuti karena siswa memperoleh pengetahuan serta mengenal seperti apa itu informasi-informasi bohong atau berita hoax dan bagaimana bersikap untuk menangkal penyebarannya.

“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini, siswa dapat kembali ke komunitasnya masing-masing, sekaligus menjadi agen perubahan untuk menularkan ilmu yang kalian peroleh ke teman-teman di sekolah,” katanya.

Ditambahkannya lagi, dalam pelatihan ini siswa juga akan memperoleh pengetahuan seputar jurnalis dan cara membuat berita melalui narasumber dari JPS. “Pahamilah semua materi yang diberikan selama pelatihan, ini juga dapat menjadi bekal kalian kelak, apabila ingin bekerja atau masuk dalam profesi jurnalis,” ujar Lowing sembari menambahkan selesai mengikuti pelatihan kepada setiap peserta akan memperoleh sertifikat yang ditandatangani oleh Kadis Dikda Sulut dan JPS.

Sementara itu, Ketua JPS Julkifly Madina mengatakan pelatihan di SMAN 7 Manado merupakan lokasi ke lima setelah sebelumnya dilaksanakan di SMAN 1 Manado, SMK Baramuli Airmadidi, SMA Tumou Tou Girian dan SMKN 1 Manado.

“Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan serius, manfaatkanlah kesempatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan jurnalistik serta saling berbagi ilmu dengan teman-teman yang lain di sekolah,” ujar Kifly sapaan akrabnya.

Dua narasumber dalam pelatihan ini yakni Yoseph Ikanubun yang juga merupakan ahli pers dari Dewan Pers dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut yang sehari-hari Pemred Barta1.com, Agustinus Hari.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed