oleh

Partai Mulai Jaring Calon Pemimpin Kota Manado

-Berita, Polmas-2.305 views

Manado, Barta1.com — Partai politik semakin serius menatap suksesi Kota Manado yang dihelat 2020. Agenda penentuan kandidat walikota dan wakil mulai bergulir, menentukan siapa figur yang layak untuk diusung.

Salah satu yang segera menyaring bakal calon adalah Partai Gerindra. Pola yang digunakan parpol berlambang Burung Garuda seperti biasanya menggunakan mekanisme Fit and Proper Test (FPT).

“Pendaftaran bakal kandidat kami buka minggu depan di Hotel Travelo,” kata Sekretaris DPC Partai Gerindra Manado Benny Parasan, ditemui di kantor DPRD Manado, Rabu (05/10/2019).

Benny yakin Gerindra bisa memiliki kontestan sendiri di Pilwako Manado 2020. Salah satu alasannya karena mereka punya fraksi gabungan di parlemen. Koalisi Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terakulumulasi punya 6 kursi —lebih dari cukup untuk mengusung kandidat. Alasan lain Gerindra dinilainya mengakar lewat perolehan suara di Pemilu barusan.

“Kandidat yang telah mendaftar akan melalui FPT agar kami bisa mengetahui sejauh mana kapasitas dan kapabilitas mereka. Tentu pula partai akan menilai sejauh mana kemampuan akademik, mampu membangun dalam kegiatan politik tetapi juga kemampuan finansial,” jelas legislator Manado itu.

Bagi yang sudah mendaftar akan di adakan Feat and Propetest untuk melihat sampai dimana kemampuan kandidat calon tersebut. Disamping itu juga saya kira bukan saja dari kemampuan akademik dan juga kemampuan dalam membangun kegiatan-kegiatan politik, tetapi juga ada kemampuan dari sisi Finansial, karena ini adalah moment Pilkada.

Menyangkut beberapa syarat bakal calon, Gerindra mengacu pada peraturan KPU, antara lain setidaknya berijazah minimal SMA. Sedangkan untuk kesehatan secara teknis akan dilakukan pemeriksaan. Namun secara khusus, Benny mengungkap Gerindra akan mencari bakal calon yang punya kemampuan berpolitik prima. Sedangkan menyangkut biaya pendaftaran, partai satu ini tidak memungut sepeser pun.

Di sisi lain, politisi gaek ini menanggapi sejumlah figur yang lagi santer beredar akan maju di Pilwako Manado. menyangkut program serta visi-misi yang ditawarkan, dirinya menilai hal tersebut relatif wajar kala tensi menjelang 2020 semakin menaik.

“Iya wajar itu kalau bakal calon lagi perang visi-misi dan langsung dinilai masyarakat,” ujar dia.

Kewajaran itu pula tak lepas dari kandidat yang menawarkan program insentif bantuan langsung ke warga berduka maupun tunjangan untuk pejabat dengan nilai besar. Namun Benny berpesan kandidat patut juga mempelajari struktur anggaran yang dikelola pemerintah daerah agar matching dengan program yang mereka tawarkan.

“Sebaiknya harus melihat kemampuan ABPD Kota Manado, apakah kemampuan keuangan daerah sudah memadai, kalaupun sudah memadai tidak ada persoalan di dalamya,” ungkap Benny. (*)

Peliput: Albert P. Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed