oleh

Menuju Tahun Wisata, Desa Suhuyon Terus Berbenah

Mitra, Barta1.com – Menuju tahun wisata 2020, Desa Suhuyon gencar melakukan pembenahan dari segi infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Desa yang terletak di ujung selatan Kabupaten Minahasa Tenggara dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Minahasa Selatan ini, merupakan desa kecil yang dihuni 58 kepala keluarga.

Desa yang berada di Kecamatan Touluaan Selatan ini mulai definitif sejak 21 tahun silam atau tahun 1997 sebelumnya masuk dalam Kecamatan Tombatu Tiga. Komoditi pertanian unggulan desa ini yakni kelapa dan cengkih.

“Pada tahun 1998 masuk desa persiapan yang pada saat itu masih bersama Kabupaten Minahasa Induk dengan jumlah penduduk yang baru 30 KK,” ujar Hukum Tua Desa Suhuyon, Jolly Mokolomban.

Menurut Mokolomban yang sudah dua kali menjabat Kumtua ini, Desa Suhuyon memiliki objek wisata yang diandalkan dan akan diberdayakan dalam program penunjang wisata daerah.

Salah satu yang sedang dikerjakan yakni infrastruktur dan keindahan desa demi menunjang potensi wisata di wilayah ini.

Ditambahkannya, saat ini perekonomian rakyat mengandalkan potensi pertanian diantaranya padi ladang, Vanili, Cengkih dan Kelapa.

“Penduduk Suhuyon yang rata-rata berprofesi sebagai petani juga mengandalkan produk gula aren dan cap tikus,” tambah Mokomban.

Desa yang mayoritas beragama kristen dengan empat tempat ibadah masing-masing GMIM, Adven, GPDI dan Sidang Jemaat Allah, hingga saat ini tetap rukun.

Namun kendala yang terjadi saat ini ialah, Desa Suhuyon belum bisa menikmati jaringan komunikasi yang baik, mulai dari signal telepon dan jaringan internet. Padahal, salah satu promosi wisata dan perkembangan desa ialah jaringan internet dan media sosial.

Mokolomban mengatakan, dirinya akan berupaya melakukan lobi ke pemerintah daerah guna adanya fasilitas internet di kampung yang dipimpinnya, agar program-program desa dan pemerintah daerah bisa dijalankan dan terbantukan.

“Satu harapan kami masyarakat Desa Suhuyon agar ada jaringan telepon dan internet yang masuk ke wilayah ini. Dan saya sebagai Hukum Tua akan berupaya melakukan koodinasi dengan pemerintah daerah demi menunjang program Bupati Mitra James Sumendap,” tutupnya. (*)

Peliput: Chinry Assa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed