oleh

Jurusan Akuntansi Politeknik Manado Catatkan Sejarah

Manado, Barta1.com – Kabar gembira dirasakan civitas kampus Politeknik Negeri Manado. Adalah Jurusan Akuntansi Program Study (Prodi) Perpajakan DIII yang kini telah terakreditasi A.

Ketua Jurusan Akuntansi, Stevie Kaligis mengatakan ketika ditunjuk memimpin Jurusan Akuntansi ada komitmen yang dibangun. “Dimana kami melihat dari 6 jurusan dan 20 prodi belum ada yang terakreditasi A. Sehingga kami punya komitmen untuk mencapai itu,” ujarnya, Jumat (1/11/2019).

Lanjut Stevie, seiring dengan komitmen itu maka berbagai pembenahan dilakukan sehingga secara reguler ada perbaikan setiap bulan, setiap semester dan dilakukan evaluasi.

“Paling penting adalah komitmen bersama. Jika hanya saya sendiri yang berkomitmen mungkin tidak ada capaian seperti ini. Komitmen tersebut harus dibangun dari pimpinan, dosen dan pegawai agar memiliki visi yang sama. Jika ada kekurangan pasti kami lakukan pembenahan sehingga saat tahapan akreditasi jurusan kami bisa terdokumentasi dengan baik dan itu bisa dibuktikan saat asestmen di lapangan,” ujarnya.

Setiap akhir tahun Jurusan Akuntansi menggelar rapat tinjauan manajemen terhadap Tridarma Perguruan Tinggi. Kemudian terdistribusi ke-7 standard yang dikeluarkan Badan Agreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Untuk capaian 3 prodi diantaranya Prodi Akuntansi DIII, Akuntansi Perpajakan DIII dan Akuntansi Keuangan DIV pencapain dokumen itu di atas 95%. Ketika mencapai 95% tentu berkorelasi dengan akreditasi itu sendiri karena komponen RTM itu ada dalam standard. Saat capai 95% kami berkeyakinan akan mendapatkan akreditasi A. Dan buktinya Prodi Akuntansi Perpajakan saat ini terakreditasi A dan menyusul tahun 2020 Prodi Akuntasi DIII menuju Akreditasi A.

“Prodi Akuntasi Perpajakan yang partama terakreditasi A dari 6 jurusan dan 20 prodi yang ada di Politeknik Manado. Semua capaian ini, tidak lepas dari kerja sama pimpinan, dosen dan pegawai guna mencapai visi yang sama,” papar Sekretaris Jurusan Akuntansi, Jeffry O Rengku.

Kepala Prodi Akuntansi Perpajakan, Alpindos Towuela menambahkan tahapan mencapai akreditasi A harus melewati 7 standard yang dikeluarkan BANPT yaitu: standard visi misi, manajemen pengelolahan, mahasiswa dan alumni, sumber daya manusia, kurikulum, pembiayaan dan administrasi, penelitian dan pengabdian.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed