oleh

21 Negara Kepulauan Kumpul di Manado, Ini yang Dibahas

Manado, Barta1.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan secara resmi membuka kegiatan Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2019, di Kawasan Mega Mas, Manado, Sulawesi Utara, Kamis 31 Oktober 2019.

Kegiatan internasional yang dihadiri 21 negara kepulauan dan 4 organisasi internasional tersebut berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat, 31 Oktober-1 November 2019 yang diisi berbagai kegiatan seperti pameran bisnis dan inovasi, konferensi ekowisata bahari, startup dan business summit.

Luhut mengatakan, puluhan negara kumpul di Kota Manado dalam Forum AIS yang baru dibentuk dengan tujuan untuk menyamakan pandangan mengenai peran negara-negara kepulauan.

“Kita pagi ini kumpul di sini dalam Forum Archipelagic and Island States dimana organisasi kita baru bentuk yang beranggotakan 21 negara kepulauan dan 4 organisasi Internasional,” ujarnya.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyampaikan, Forum AIS mulai perdana aktif hari ini di Kota Manado. “Dan senang sekali Manado dipilih menjadi tempat pertemuan perdana, sekaligus menjadi tempat dibentuknya forum internasional ini,” katanya.

Jadi Sulut mencatatkan sejarah di tahun 2019, sebagai daerah pertemuan perdana Forum AIS. “Sulut harus diakui memiliki pulau yang paling banyak. Lalu ada juga dua pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina yakni Pulau Marore dan Pulau Miangas. Mungkin ini menjadi pilihan Pak Menko memilih Manado sebagai tuan rumah,” kata Olly.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed