oleh

Polnustar Manfaatkan Lemna Bahan Baku Pakan Ikan

Sangihe, Barta1.com — Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Dosen Politeknik Negeri Nusa Utara terdiri dari Jetti T Saselah, Edwin Langi dan Fauldiks Hatimanis turun lapangan ke Kampung Taloarane 1, Kecamatan Manganitu melakukan sosialiasi pemanfaatan lemna sebagai pakan.

Kegiatan dalam bentuk Pengabdian Kemitraan Masyarakat Stimulus Internal itu, bersumber dari pembiayaan PNBP Polnustar 2019, yang aktu pelaksanaan mulai bulan Agustus – Oktober 2019. Menurut Jetti T Saselah selaku ketua ketua kelompok, kegiatan itu bertujuan untuk, “Memberikan informasi masyarakat tentang lemna yang dapat digunakan sebagai pakan ikan dan kolam terpal yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah pemeliharaan lemna, serta memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang cara pembuatan pakan mandiri,” kata dia di sela-sela kegiatan, Selasa (29/10/2019).

Selanjutnya mereka juga membekali masyarakat Taloarane 1 dengan menyampaikan beberapa materi dan prakter memanfaatkan kolam terpal sebagai wadah pemeliharaan tanaman air lemna, fungsi lemna sebagai pakan, cara pembuatan tepung lemna hingga pembuatan pakan mandiri dengan beberapa bahan baku.

Tak hanya itu, selesai penyampaian materi mereka memberikan penyerahan bantuan berupa 1 set mesin cetak pellet, peralatan pembuatan pakan, bahan baku pakan oleh tim kepada masyarakat pembudidaya yang diterima oleh Kapitalaung Kampung Taloarane 1.

Kapitalaung Taloarane 1, Ernes J. Leleran menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh dosen-dosen Polnustar itu. Dirinya bersyukur dan berharap manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Apresiasi kepada tim untuk pelaksanaan kegiatan PKMS, dan harapan kepada anggota kelompok yang hadir setelah mengikuti kegiatan ini akan mampu membuat pakan ikan mandiri,” ungkap Leleran. (*)

Peliput: Rendy Sasela

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed