oleh

Dinas Pendidikan Sitaro Tahan Rekomendasi Pencairan BOS Triwulan III

Sitaro, Barta1.com — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Dinas Pendidikan belum memberikan rekomendasi pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk seluruh Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sitaro.

Kepala Dinas Pendidikan Sitaro, Dra Fatmawaty Kalebos melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Okswal Makagiansar SH ketika dihubungi via ponselnya akhir pekan lalu, mengatakan untuk dana Bos pusat langsung masuk ke rekening sekolah masing-masing.

“Kewenangan dinas di daerah selain mengawasi atau mengontrol pengelolaan dana BOS, juga mengeluakan rekomendasi pencairan tiap triwulan setelah berkas pendukung dimasukan oleh setiap dan dinyatakan lengkap. Jadi sebelum rekomendasi keluar dinas akan menverifikasi berkas pendukung dimaksud,” kata Okswal.

Sesuai petunjuk pimpinan, menurut dia, untuk rekomendasi pencairan belum bisa dikeluarkan, sebelum sekolah penerima dana BOS menginput pelaporan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) BOS tahun berjalan.

“Kewajiban tersebut harus dituntaskan lebih dahulu oleh pihak sekolah, karena berdasakan pengalaman banyak sekolah yg tidak melakukan kewajiban pelaporan tersebut. Jadi rekomendasi pencairan akan dikeluarkan setelah selesai penginputan dan sinkronisasi data,” tegas dia.

Kebijakan tersebut juga sudah berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 18 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan Mendikbud nomor 3 tahun 2019 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler.

“Jadi menjamin pelaporan dana bos adalah bagian dari tugas dinas pendidikan,” tukas dia.

Sementara itu, sejumlah kepala sekolah yang memastikan pihaknya telah memenuhi kelengkapan berkas yang dimaksud mengungkapkan, belum adanya pencairan dana BOS sangat berdampak terhadap kegiatan disekolah.

“Ini karena sebagian sekolah yang belum bisa melengkapi berkas, justru berdampak bagi sekolah lain. Apalagi ini sudah memasuki triwulan IV, tapi dana untuk triwulan III belum juga ada pencairan,” ungkap sejumlah kepala sekolah. (*)

Peliput : Stenly Rein Mes Gaghunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed