oleh

Predikat Terakreditasi Madya Untuk Puskesmas Dapalan

-Berita, Daerah-2.530 views

Talaud, Barta1.com — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dapalan meraih akreditasi Madya setelah dilakukannya survei akreditasi yang merupakan kegiatan penilaian untuk mengukur tingkat kesesuaian terhadap standar akreditasi oleh surveior akreditasi dari lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan Jumat 25 Oktober 2019.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi puskesmas, Klinik pertama, Tempat praktik mandiri dokter dan Tempat praktik mandiri dokter gigi memiliki 5 (lima) tingkatan yaitu Tidak terakreditasi, Terakreditasi dasar, Terakreditasi madya, Terakreditasi utama dan Terakreditasi paripurna.

Kepala Puskemas Dapalan Adriana Latjandu mengatakan, hasil diraih ini akan menjadi motivasi dalam pembangunan kesehatan yang merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional karena tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manusia Indonesia,” ujar Latjandu.

Latjandu juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam persiapan dilaksanakannya akreditasi di Puskesmas Dapalan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud Dr dr Jawali Jurry Ektivianus MKes mengatakan, predikat terakreditasi madya yang diraih oleh Puskesmas Dapalan perlu disyukuri. Puskesmas ini masuk dalam kriteria sangat terpencil di wilayah DTPK.

“Puskesmas Dapalan merupakan salah satu dari 10 Puskesmas yang disurvei akreditasi tahun 2019 mendapat predikat terakreditasi madya patut disyukuri mengingat Puskesmas Dapalan kriteria sangat terpencil di wilayah DTPK,” ungkap Jawali.

Harapan kepada Puskesmas Dapalan bisa lebih meningkatkan pelayanan yang terstandar lagi baik dari pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun dari segi administrasi dan managemen. Sehingga menurutnya hak mendapat pelayanan yang terstandar dapat dirasakan masyarakat Tampan’amma secara keseluruhan.

Sementara itu, Donald N. Larenggam, pendamping akreditasi puskesmas mengaku bangga karena sudah mencapai itu di masa penilaian perdana. Apalagi masih dalam keterbatasan tenaga, sarana prasarana dan lain-lain.

“Saya sebagai pendamping sungguh mengapresiasi kerja keras ibu kapus dan pegawai PKM Dapalan, serta seluruh lintas sektor dan masyarakat,” tutur Larenggam.

Dia mengapresiasi Plh Bupati Talaud, Kepala Dinas Kesehatan dan semua pihak yang telah membantu memfasilitasi terlaksananya akreditasi puskesmas Dapalan.

“Harapan saya ke depan pelayanan di PKM Dapalan lebih berkualitas, lebih ditingkatkan dan terus konsisten, berkelanjutan standar akreditasi Puskesmas demi memenuhi hak masyarakat di bidang Kesehatan,” kunci Larenggam. (*)

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed